sign up SIGN UP search


Hari 1

Hari 2

Hari 3
program-hamil

Ubah Pola Hidup Jadi Lebih Sehat


Menjalankan program hamil hari kedua, sudahkah Bunda melakukan berbagai penyesuaian? Termasuk pola makan dan gaya hidup lainnya.

Di hari kedua mempersiapkan kehamilan, Bunda mulai memperhatikan apa yang baik dan tidak baik untuk kondisi kesehatan. Kesehatan Bunda juga menentukan kesuburan.

Setelah berkonsultasi ke dokter kandungan, saatnya Bunda di rumah mulai memperhatikan makanan apa yang perlu dikonsumsi dan apa yang perlu dipantang.

Bunda juga perlu menghentikan kebiasaan tidak sehat. Banyak penelitian menunjukkan bahwa kebiasaan hidup tak sehat seperti merokok bisa sebabkan keguguran, kelahiran prematur, dan lahir cacat.



Bunda Jangan Lupa
  • Mengonsumsi Asam Folat Mengonsumsi asam folat setiap hari sebelum dan selama kehamilan dapat mencegah terjadinya cacat tabung saraf ,seperti spina bifida pada bayi. Asam folat juga bisa didapat dari sayuran atau suplemen.
  • Mengonsumsi Makanan Sehat Selama program kehamilan, Bunda disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat dan gizi seimbang. Ini sangat mendukung keberhasilan program kehamilan.
  • Berhenti Merokok dan Minum Alkohol Bunda yang melakukan program hamil harus berhenti merokok dan minum alkohol. Keduanya sangat membahayakan janin dan kehamilan itu sendiri.

Bunda Baiknya
  • Mulai Konsumsi Multivitamin Bunda perlu mulai konsumsi multivitamin. Lebih baik lagi jika konsumsi vitamin prenatal yang diformulasikan khusus untuk memberikan yang dibutukan tubuh selama kehamilan. Mengonsumsi vitamin prenatal bisa mengurangi risiko kurang gizi selama kehamilan.

Apa Bunda Merasakan
  • Keluar Lendir/Mukus dari Vagina Lendir atau mukus menjadi lebih bersih dan tipis, konsistensi licin seperti putih telur. Itu bisa menjadi tanda ovulasi.
  • Kram Bagian Bawah Perut Saat ovulasi, Bunda mungkin merasakan kram ringan pada perut. Jika sudah meyakini bahwa ini adalah ovulasi, maka segera melakukan konsepsi karena telur atau sel ovum hidup sekitar 12-24 jam setelah dilepaskan. Agar kehamilan dapat terjadi, sel telur harus dibuahi oleh sperma dalam waktu ini.

Program Hamil Hari ke-2, menghentikan kebiasaan tidak sehat agar cepat hamil dan menghindarkan dari keguguran, prematur, dan lahir cacat. Jangan lupa untuk mengonsumsi asam folat.