sign up SIGN UP search


Hari 2

Hari 3

Hari 4
program-hamil

Hindari Alkohol dan Rokok


Kesuksesan program kehamilan membutuhkan rencana yang matang, kesabaran, dan keseriusan. Hari ketiga program hamil, Bunda perlu konsisten dalam menjaga kesehatan tubuh.

Konsisten menjaga kesehatan tubuh termasuk mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Fokus Bunda pada hari ini adalah tetap menjalankan gaya hidup yang sehat dan ikuti saran dokter.

Hindari paparan asap rokok dan minum alkohol. Satu hal lagi, tetap hitung kalender kesuburan Bunda ya.



Bunda Jangan Lupa
  • Mengonsumsi Makanan Kaya Asam Folat Bunda perlu mengonsumsi asam folat setiap hari yang bisa didapat melalui sayuran, kacang-kacangan, dan hati ayam. Asam folat dapat mencegah terjadinya cacat tabung saraf seperti spina bifida pada bayi.
  • Mengonsumsi Makanan Dengan Gizi Seimbang Selama program kehamilan, Bunda disarankan tetap konsisten untuk mengonsumsi makanan sehat dan gizi seimbang. Dengan konsumsi makanan dengan gizi seimbang maka akan mendukung keberhasilan program.
  • Hindari Merokok dan Minum Alkohol Rokok dan alkohol sangat membahayakan kehamilan. Dari beberapa penelitian yang pernah dilakukan, keduanya membuat kehamilan berisiko. Itu sebabnya, Bunda perlu menghindarinya.

Bunda Baiknya
  • Rajin Konsumsi Suplemen Asam Folat Selain vitamin prenatal, Bunda memerlukan tambahan asam folat. Pastikan Bunda mengonsumsi setidaknya 400 hingga 800 mikrogram asam folat per hari.Banyak vitamin prenatal yang dijual bebas sudah mengandung asam folat dengan jumlah tersebut. Pastikan untuk memeriksa label. Setelah Bunda hamil, dokter mungkin meresepkan asam folat yang mengandung jumlah yang lebih tinggi.

Apa Bunda Merasakan
  • Keluar Lendir/Mukus dari Vagina Lendir atau mukus menjadi lebih bersih dan tipis, konsistensi lincin seperti putih telur. Itu bisa menjadi tanda ovulasi.
  • Tubuh Terasa Lebih Hangat Salah satu indikator masa subur adalah suhu tubuh basal yang meningkat. Alhasil tubuh Bunda terasa lebih hangat. Jika merasakan hal yang sama, cobalah melakukan konsepsi!

Program Hamil Hari ke-3, hindari paparan asap rokok dan minum alkohol. Konsumsi makanan bergizi dan asam folat. Jangan lupa hitung kalender kesuburan Bunda ya.