sign up SIGN UP search


Hari 29

Hari 30

program-hamil

Bicara Lebih Intens dengan Suami


Setelah menghitung bujet, memeriksa asuransi, dan mulai mencari kelas prenatal. Sekarang saatnya Bunda perlu lebih intens lagi untuk berkomunikasi dengan suami.

Ada banyak hal yang bisa dibahas untuk mencari peluang hamil di siklus berikutnya, mulai dari masalah kesuburan, tanggal konsepsi, hingga mungkin posisi seks.



Bunda Jangan Lupa
  • Konsumsi Asam Folat dan Multivitamin Penting bagi Bunda untuk mengonsumsi asam folat dan multivitamin selama program hamil. Asam folat bagus untuk mencegah cacat tabung saraf pada janin, sementara multivitamin untuk menambah nutrisi bila yang didapat dari makanan itu kurang.
  • Konsumsi Makanan Sehat Selama program hamil selalu konsisten untuk Konsumsi Makanan Sehat. Tidak hanya sehat, namun juga yang bergizi seimbang.
  • Hindari Rokok dan Alkohol Hindari Rokok dan Alkohol tersebut selama program kehamilan. Keduanya meningkatkan risiko cacat pada janin dan komplikasi kehamilan.

Bunda Baiknya
  • Komunikasi Lebih Intens dengan Suami Mengenai Program Hamil Peluang untuk hamil setiap pasangan berbeda-beda. Ada yang dalam satu siklus berhasil, ada yang butuh berkali-kali. Untuk itu, perlu Bunda komunikasikan program hamil lebih intens dengan suami. Pastikan Bunda bersikap terbuka dan jujur dengan pasangan. Membicarakan masalah yang Bunda alami dalam perjalanan menuju hamil adalah kunci untuk menjaga hubungan tetap sehat.
  • Mulai Mencari Kelas Prenatal Meski masih program hamil, sebaiknya Bunda juga sudah mulai mencari kelas prenatal. Dari kelas prenatal, Bunda bisa belajar banyak tentang kesehatan selama kehamilan, persiapan melahirkan, dan persiapan menjadi orang tua.

Apa Bunda Merasakan
  • Kulit Berjerawat Perubahan hormon selama hamil dan PMS menyebabkan lebih banyak rangsangan sebum (minyak) dan kemungkinan timbulnya jerawat.
  • Kram Bagian Bawah Hari ke 28-30 adalah waktu siklus berakhir. Jika Bunda tidak hamil, maka akan menstruasi dan ini menyebabkan kram bagian bawah perut. Lapisan rahim berada pada titik paling tebal untuk bersiap-siap dilepaskan. Apabila Bunda belum hamil dalam siklus kali ini, tetap semangat untuk mencari peluang di siklus berikutnya.

Program Hamil Hari ke-30, saatnya bersiap mulai mencari kelas prenatal. Tak kalah penting, ini saatnya berkomunikasi lebih intens lagi dengan suami. Serta membicarakan kemungkinan hamil.