psikologi

Anak Kembar Nggak Harus Selalu Dibelikan Barang yang Sama Lho

Radian Nyi Sukmasari 13 Agu 2017
Ilustrasi anak kembar/ Foto: ilustrasi/thinkstock Ilustrasi anak kembar/ Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Kalau punya anak kembar, apalagi sama jenis kelaminnya, lucu ya kelihatannya kalau mereka selalu samaan. Mulai dari baju, aksesori, bahkan mainan. Eits, tapi perlu juga lho kita sesekali ngasih barang yang berbeda ke anak kembar, jadi nggak melulu harus samaan, Bun.

Jadi, nggak apa-apa kalau kita misalnya mau kasih mainan yang berbeda untuk anak kembar. Malah, kata psikolog anak dan keluarga Anna Surti Ariani M.Psi., Psikolog yang akrab disapa Nina, justru anak kembar perlu juga dikasih mainan yang berbeda. Kenapa?

Nina bilang dengan begitu anak kembar bisa belajar mengenali identitas dirinya. Sehingga, anak tahu kalau dia berbeda lho sama kembarannya. Saat anak tahu dirinya berbeda sama kembarannya, kita juga perlu menghargai dia, Bun. Misalnya saat nggak mau dipakaikan baju kembaran, biarkan aja.

"Jadi dari kecil supaya anak tahu identitas dirinya, kita ajarkan dia dan saudaranya, walaupun anak kembar, berbeda. Namanya aja beda," kata Nina.

Baca juga: Bayi-bayi yang Mirip Public Figure, Saudara Kembar?

Atau, kita juga bisa memperlihatkan ke anak kalau dia berbeda lewat fisiknya, Bun. Misalkan, si kakak bibirnya lebih tipis adik lebih tebal. Terus, si kakak rambutnya lurus banget sedangkan si adik agak keriting.

Begitu juga pas milih mainan. Kata Nina, untuk anak kembar, dorong mereka memilih mainan yang berbeda, misalkan warnanya. Terus, dalam memilih mainan, lakukan bergilir ya, Bun. Kalau sekarang udah giliran adik yang milih mainan lebih dulu, besoknya gantian si kakak yang dapat giliran lebih dulu.

Kalau mainan dikasih beda, justru anak kembar malah rebutan gimana? "Nggak apa-apa. Justru itu celah buat mereka belajar berbagi dan mengetahui identitas dirinya. Kalau dikasih sesuatu yang sama terus, celah untuk si anak kembar ini belajar jadi kurang," kata Nina yang praktik di Lembaga Psikologi Terapan UI ini.

Sementara, psikolog anak dari Tiga Generasi Anastasia Satriyo M.Psi., Psikolog bilang biasanya di umur 2 tahun anak udah bisa menentukan pilihan. Tapi, memang kadang mereka nggak konsisten sama pilihannya dan pada anak kembar misalnya, jadilah mereka rebutan mainan.

Kalau kayak gini, Anas bilang coba beri panduan buat anak sebelum dia memilih mainan. Jadi, kalau anak udah memilih mainannya, nggak bisa ditukar lagi. Tapi, kalau dia mau pinjam punya saudaranya, boleh banget. Dengan konsisten menerapkan ini, kata Anas lama-lama anak kembar juga bisa saling berbagi kok.

Baca juga: Mengapa Anak Kembar Bisa Berbeda Berat Badan Lahirnya? (rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi