psikologi

Tentang Pangeran William yang Lebih Dekat dengan Pangeran George

Melly Febrida Selasa, 09 Jan 2018 - 14.18 WIB
Pangeran William yang Lebih Dekat dengan Pangeran George/ Foto: Getty Images Pangeran William yang Lebih Dekat dengan Pangeran George/ Foto: Getty Images
Jakarta - Dalam berbagai kesempatan, Pangeran William tampak lebih dekat dengan Pangeran George ketimbang Putri Charlotte. Ya, Pangeran William sering banget tuh bergandengan tangan dengan putra sulungnya ketimbang putrinya.

Saat kita punya dua anak, sebenarnya wajar banget kalau suami tampak lebih banyak mengurus anak pertama. Sedangkan kita, bundanya, lebih banyak mengurus anak kedua yang lebih kecil. Hanya saja biasanya anak perempuan lebih lengket dengan ayahnya ya?

Nah, pada keluarga kerajaan Inggris ini, kalau kita perhatikan, setiap kali tampil di publik formatnya selalu sama. Kate Middleton menggendong atau menggandeng Charlotte, sedangkan Pangeran William menggandeng George.

Pasangan Duke dan Duchess of Cambridge ini dikenal menggunakan pendekatan modern dalam mengasuh anak. Keduanya mempraktikkan cara bagaimana mendengarkan anak-anak secara aktif dan menghindari formalitas.

Ya, dalam beberapa hal, William dan Kate memang terlihat agak 'tradisional', di mana ayah diposisikan dekat dengan anak laki-laki, sedangkan anak perempuan dekat dengan bundanya.



Di foto Natal mereka yang terbaru, format foto yang 'default' itu lagi-lagi terlihat jelas. Pengaturan tersebut tentu bukan kebetulan. Menurut ahli parenting, Jasmine Peters, ini adalah bagian dari pengaturan peran Pangeran George sebagai raja masa depan.

"Ayah biasanya bertanggung jawab atas tindakan disipliner, pengalihan, perlindungan dan penyediaan bagi keluarga," jelas Jasmine, dikutip dari Daily Mail.

Kata Jasmine memang tidak umum seorang ayah selalu tampil bersama anak laki-lakinya. Tapi itu semua terbentuk sebagai peran dasar dan tanggung jawabnya dalam hidup bersama keluarga.

"Yang sering diyakini bahwa dibutuhkan seorang pria untuk membesarkan anak laki-laki. Jika Anda melihat gambar itu, jelas mencerminkan kepercayaan umum akan hal ini," imbuhnya.

Pangeran William yang Lebih Dekat dengan Pangeran George/Pangeran William yang Lebih Dekat dengan Pangeran George/ Foto: Twitter/KensingtonRoyal


Jasmine menambahkan apabila anak laki-laki tampak lebih dekat dengan ayah dan anak perempuan dengan ibunya, sebenarnya pertanda kalau William dan Kate secara naluri bertindak sebagai orang tua yang penuh kasih sayang.

"Ya, ini bisa mencerminkan Kate dan William adalah orang-orang tradisional, tapi itu juga mencerminkan pentingnya ikatan yang diciptakan antara ayah dan anak, ibu dan anak perempuan sehingga mereka berdua menghargai dan menjaganya sebagai bentuk tanggung jawab dan orangtua yang penuh kasih sayang," paparnya.

Selain itu Bun, anak sering menyamakan nilai mereka sama dengan yang diperlihatkan orang tuanya. William dan Kate mengerti dengan jelas tanggung jawab mereka terhadap anak-anak. Keduanya membangun p.ondasi yang kokoh sejak awal dalam hubungan orang tua dan anak

"Setiap orang tua paham betul bagaimana ikatan akan memengaruhi anak di masa depan. Saat mereka dewasa mengerti pentingnya menciptakan bonding atau ikatan yang kuat sejak dini," imbuhnya.

Lucy Shrimpton, The Sleep Nanny dan ahli di The Baby Show menambahkan George tentu saja lebih suka berada dekat dengan ayahnya karena dia adalah anak yang lebih tua. "Anak-anak sudah dekat dengan ibunya dan saat bayi baru lahir dia sangat bergantung pada ibunya, wajar bagi balita tertarik pada ayah yang bisa memberi perhatian lebih saat ibu sibuk dengan bayinya," tuturnya.



Kata Lucy, wajar banget George menghabiskan banyak waktu dengan ayahnya karena Kate harus menggendong dan mengurusi Charlotte. "Saya percaya hal yang sama akan terjadi bahkan jika mereka memiliki anak pertama seorang gadis, kemudian anak keduanya laki-laki, atau bahkan jika kedua anaknya perempuan. Saya menduga Anda juga akan melihat saudara yang lebih tua yang lebih banyak bersama ayahnya, sedangkan yang lebih kecil dengan ibunya saat usianya seperti ini," imbuh Lucy.

Hmm, apakah si sulung di rumah juga lebih dekat dengan ayahnya, Bun? Atau justru sebaliknya? (vit/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi