MOM'S LIFE

Cerita Kate Middleton Saat Pangeran William Jadi Ayah Pertama Kali

Asri Ediyati Sabtu, 18 Nov 2017 - 11.01 WIB
Putri Kate Middleton dan Pangeran William (Foto: Chris Jackson - Pool/Getty Images) Putri Kate Middleton dan Pangeran William (Foto: Chris Jackson - Pool/Getty Images)
Jakarta - Saat jadi ayah pertama kali, berbagai hal bisa dirasakan seorang pria. Ini juga yang dialami oleh pangeran William. Nah, sang istri Kate Middleton membeberkan cerita saat sang suami jadi ayah pertama kali.

Cerita soal gimana Pangeran William jadi ayah pertama kali diungkapkan Kate ketika dia berkunjung ke pusat perawatan 'Family Action' untuk ibu hamil dan orang tua baru. Di sana, Kate ngobrol sama salah satu pengunjung yang merupakan orang tua tunggal yaitu Billy (39). Diketahui, Billy mengasuh putrinya Violet yang berumur tujuh bulan.

"Putri Kate Middleton, yang sedang hamil anak ketiganya menjelaskan betapa nggak tahu menahunya William soal mengurus anak saat ia jadi ayah bagi putra pertamanya. Setelah berbagi pengalaman, saya merekomendasikan Kate bahwa 'Family Action' bisa mendukung mereka dalam mengatasi masalah parenting," ujar Billy dikutip dari Fox News.

Pasalnya, Billy sendiri terbantu dengan program yang dilakukan oleh Family Action. Singkat cerita Billy ditinggal oleh sang istri dan saat itulah ia merasa tertekan karena harus merawat putrinya seorang diri.

"Di Family Action, kami menyediakan program khusus untuk mendukung para ayah. Dan saya rasa itu penting karena sebagian besar ayah terkadang bingung, canggung dan bahkan ada saja masalah yang terjadi pada para ayah baru," kata Maggie Sandy, salah satu relawan di Family Action, dikutip dari The Telegraph.

Soal canggung dan stresnya menjadi ayah baru seperti yang dialami pangeran William, ada beberapa hal yang menjadi penyebabnya nih, Bun. Di antaranya si ayah sulit membagi jadwal dan waktu untuk anak, ayah punya tanggung jawab baru, bayi baru lahir perlu perhatian yang intensif, tidur terganggu, tekanan keuangan dan berkurangnya waktu bercinta dengan istri.

Dikutip dari Mayo Clinic, buat para calon ayah ada tipsnya nih supaya nanti nggak stres ketika si kecil udah lahir. Yang pertama libatkan diri saat istri hamil yaitu dengan ikut merasakan apa yang istri rasakan. Kedua, jangan sungkan ikut kelas prenatal bareng istri dan yang ketiga konsultasikan rencana keuangan dengan ahlinya serta bangun jaringan untuk dukungan sosial.

Kalau sudah menjadi ayah baru, jangan lupa untuk temani istri selama dirawat pasca persalinan ya, Yah. Saat di rumah, gantian mengasuh si kecil bisa sangat membantu bunda dan mendekatkan bonding sama si kecil. Kalau Ayah masih merasa stres, jangan ragu membicarakan apa yang dirasa ke orang terdekat atau minta bantuan profesional. (rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi