psikologi

Kekhawatiran Kim Kardashian Saat si Kecil Cemburu pada Adik Bayinya

Asri Ediyati 18 Jan 2018
Kekhawatiran Kim Kardashian Saat si Kecil Cemburu pada Adik Bayinya/ Foto: Instagram/kimkardashian Kekhawatiran Kim Kardashian Saat si Kecil Cemburu pada Adik Bayinya/ Foto: Instagram/kimkardashian
Los Angeles, California - Pengumuman kelahiran anak ketiga Kim Kardashian sudah keluar. Ia membuat status lewat Twitternya dengan tulisan 'She's Here' dan '#momofthree'. Namun, setelah berbahagia menyambut anak ketiga, Kim dan Kanye juga berupaya memberi perhatian lebih pada anak pertama dan keduanya, North dan Saint.
Ya, Kim sebelumnya mengungkapkan bahwa putrinya, North, cemburu pada adiknya, Saint, saat ia hadir dalam keluarga kecil mereka.

"Kim ingin memastikan North dan Saint memiliki banyak perhatian dan kasih sayang yang ekstra. Ini adalah masalah bagi setiap orang tua ketika memiliki bayi yang baru lahir dalam keluarga," kata seorang sumber yang dekat dengan Kim, dikutip dari People.

Sumber tersebut menambahkan Kim dan Kanye ada di rumah bersama bayinya. Mereka sangat bahagia. Mereka kedatangan beberapa pengunjung, tapi kebanyakan ibunya, Kris Jenner dan kakaknya, Kourtney Kardashian, yang membantu menjamu tamu.

Bahkan Kim mengungkapkan telah terjadi persaingan 'kecil' antara anak-anaknya, sebelum kedatangan bayi perempuan barunya itu. Kim mengatakan dirinya nggak terlalu tahu penyebabnya apakah itu karena North adalah kakak perempuan dan itu adalah sebuah 'fase' yang normal dialami anak-anak.

"Saint tidak suka kakaknya dan ini sangat sulit bagi saya. Dia akan sangat cemburu saat akan menyusu. Dan sampai sekarang, fase ini tidak kunjung hilang," curhat Kim Kardashian di acara Live with Kelly & Ryan.

Pada bulan Juni lalu, Kim memberi anak sulungnya anak anjing bernama Sushi, dengan harapan bahwa merawat anjing tersebut akan mengajarkan North tentang tanggung jawab.

"North telah meminta anak anjing untuk waktu yang lama. Kim pikir itu ide bagus kalau North akan mengurus anak anjing. Karena bisa juga mempersiapkannya untuk menyambut adik bayinya," kata sumber tersebut.

Soal cemburunya seorang kakak pada calon adik baru, menurut psikolog Tara de Thouars BA MPsi, seorang ibu bagaimanapun keadaan moodnya, penting untuk tetap membagi perhatian ke si kakak, Bun. Lakukan hal-hal yang menyenangkan dan melibatkan sang kakak. Apalagi seorang ibu seperti Kim Kardashian yang mendapatkan anak kandungnya lewat ibu pengganti.

"Jangan lupa libatkan sang kakak dalam menjaga sang adik, misalnya 'Kak, nanti kalau adik udah lahir, dia bakalan jadi teman kamu lho'," papar Tara.

Peran ayah juga sangat penting di sini, Bun. Bayangin kalau kakak jadi cari perhatian banget sampai bikin kita kesal tapi sang ayah malah ikutan kesal juga. Makanya, kata Tara ayah perlu juga ngajak si kakak misalnya bermain di outdoor atau melakukan permainan seru lainnnya untuk mengalihkan perhatian sang kakak yang cemburu sama calon adiknya.

"Intinya jangan marah sama dia karena hanya dia cari perhatian ya. Nantinya juga konsentrasi kita kan nggak cuma ke adik setelah lahir, tapi ke kakak juga. Jadi nggak ada salahnya kok untuk berlaku adil meskipun adik belum lahir," tutup Tara.
(rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi