psikologi

Cara Ussy Sulistiawaty Atasi Kecemburuan di Antara Anak-anaknya

Asri Ediyati 20 Mar 2018
Cara Ussy Sulistiawaty Atasi Kecemburuan di Antara Anak-anaknya/ Foto: Instagram Ussy Pratama Cara Ussy Sulistiawaty Atasi Kecemburuan di Antara Anak-anaknya/ Foto: Instagram Ussy Pratama
Jakarta - Cemburu antara kakak dan adik adalah hal wajar dan seringkali terjadi. Sebagai orang tua tentu kita perlu mengatasinya. Seperti Ussy Sulistiawaty yang mengaku sempat 'struggle' dalam menghadapi kecemburuan di antara anak-anaknya.

"Sebenarnya sekarang udah lebih enakan dibandingkan dua tahun yang lalu. Karena Amel itu sekarang udah 13 tahun dan Ara umurnya 11 tahun. Alhamdulillah makin besar, mereka makin ngerti kalau adiknya itu agak diprioritaskan. Yang masih agak iri itu Elea, karena sebelumnya kalau ke mana-mana yang selalu diajak kan Elea terus. Waktu itu Elea sekolah masih seminggu dua kali, sekarang setiap hari Senin sampai Jumat," kata Ussy saat ditemui usai sebuah acara di kawasan Kemayoran, Jakarta Utara, baru-baru ini.

Kata Ussy, kalau lagi ada acara yang mengharuskan ia menginap, biasanya putri ketiganya, Elea (5) selalu minta ikut, Bun. Jadi misalnya Ussy menginap di area Jakarta, ia minta Elea sekolah dulu baru nanti nyusul atau sebaliknya. Sementara itu, Ussy mengaku selalu meminta izin dan memberi pengertian pada kedua putrinya Amel dan Ara kalau ia pergi menginap dengan kedua adiknya.


"Dia (Elea) soalnya nggak mungkin tidur di rumah tanpa aku. Nah, untuk memberi pengertian lagi, aku selalu nunjukkin foto-foto Elea yang dulu, gimana aku selalu ngajak dia hampir tiap hari. 'Nih, lho mama ke pasar aja Elea diajak terus, sekarang Elea udah mulai besar gantian ya sama adiknya,'" ujar Ussy Sulistiawaty.

Namun, karena usianya masih terbilang dini untuk diberi pengertian, kadang Elea bisa mengerti tapi kadang nggak juga, tergantung mood-nya. He-he-he. Duh, ada-ada aja tingkah putri Ussy Sulistiawaty dan Andhika Pratama ini, hi-hi-hi.

Tentang fenomena kakak cemburu pada adik, psikolog anak dari Tiga Generasi Marcelina Melissa yang akrab disapa Lina mengatakan sejak hamil kita bisa melakukan upaya preventif nih, Bun. Misalnya kita beri pengertian ke kakak, bahwa di perut bunda ada adik bayi yang nantinya perlu dirawat bersama-sama.

Kalau mau membacakan cerita soal hubungan kakak dan adik juga boleh lho, Bun. Sehingga anak punya gambaran kalau punya adik itu menyenangkan dan kasih sayang bunda serta ayahnya nggak berubah.

Lina juga berpesan agar kita sebagai orang tua tetap memberikan perhatian yang relatif sama antara sebelum dan sesudah sang adik lahir. Selain itu tetap jaga quality time dengan anak ya, Bun, saat adik bayi sudah lahir.

(rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi