psikologi

Bun, Ini Pentingnya Mengajari Anak Disiplin Sejak Dini

Niken Widya Yunita 11 Sep 2018
Bun, Ini Pentingnya Mengajari Anak Disiplin Sejak Dini/ Foto: thinkstock Bun, Ini Pentingnya Mengajari Anak Disiplin Sejak Dini/ Foto: thinkstock
Jakarta - Mengajari anak disiplin penting banget. Nah, hal ini perlu dilakukan sejak dini demi pengembangan karakter anak kelak, Bun.

Misalnya anak harus bangun pagi-pagi supaya tidak terlambat berangkat sekolah. Atau bagi yang muslim, anak bisa dibiasakan bangun pagi supaya nggak telat salat Subuh. Memang di awal rasanya sulit, baik bagi orang tua atau anak. Namun, ketika pembiasaan disiplin dilakukan secara konsisten dan sejak dini, anak akan mematuhinya.

Dalam situsnya, edukator dan pakar perkembangan karakter Dr Michael Borba mengatakan karakter beda dengan temperamen dan kepribadian seperti pendiam, sensitif, pemalu, dan santai. Temperamen dan kepribadian individu cenderung dipengaruhi genetik. Sedangkan, karakter didefinisikan sebagai kebaikan yang dibiasakan atau dibentuk seperti jujur, tekun, welas asih, bertanggung jawab dan penuh rasa hormat.

"Sifat-sifat itu dapat dipupuk dan diperkuat. Disiplin bisa kita gunakan dalam membentuk karakter anak sebagai nilai moral. Disiplin yang efektif harus bisa memastikan anak nggak cuma menyadari kenapa perilakunya salah tapi juga anak tahu apa yang harus mereka lakukan untuk membuat ini benar di kemudian hari," tutur Michael.


Bun, Ini Pentingnya Mengajari Anak Disiplin Sejak DiniBun, Ini Pentingnya Mengajari Anak Disiplin Sejak Dini/ Foto: Istimewa


Jadi, orang tua perlu konsisten menerapkan konsekuensi dari suatu perbuatan. Setelah itu kita bisa diskusikan dengan anak apakah yang dia lakukan sudah benar dan apa alasannya. Lalu, sampaikan juga ke anak apa yang seharusnya dia lakukan di kemudian hari.

"Tanyakan juga ke anak apa yang akan dia lakukan. Dengan cara itu anak akan belajar dari kesalahannya dan tumbuh dengan nilai moral yang dia pegang teguh," tutur Michael.

Psikolog dari Tiga Generasi, Annelia Sari Sani, MPsi, mengatakan kedisiplinan juga bisa diajarkan ke anak bahkan sejak mereka lahir. Misalnya ketika kita mendisiplinkan anak tentang jam makan dan jam tidur.

"Disiplin itu tidak 'ujuk-ujuk' anak mengerti, tapi harus diajarkan sejak lahir. Jam berapa anak tidur, mandi, dan makan. Ketika orang tua membiasakan anak dengan kedisiplinan, maka saat besar anak akan tertanam tetap seperti itu. Jadi bisa lebih terkontrol," tutur Annelia seperti dikutip detikhealth.

(nwy/rdn)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi