psikologi

Putri Indro 'Warkop' Kenang Masa-masa Saat Rawat Mendiang Ibunda

Radian Nyi Sukmasari Selasa, 05 Feb 2019 - 17.57 WIB
Keluarga Indro Warkop/ Foto: Instagram Keluarga Indro 'Warkop'/ Foto: Instagram
Jakarta - Putri Indro 'Warkop', Hada Kusumonegoro bisa dibilang yang selama ini mendampingi mendiang sang bunda, Nita Octobijanthy atau Anthy selama berjuang melawan kanker paru-paru. Sampai akhirnya, Anthy menghembuskan napas terakhir pada 9 Oktober 2018.

Hada bercerita, dirinya sudah merawat sang bunda sejak 10 Agustus 2017. Selama mendampingi ibunya, Hada bilang nggak ada yang berat, Bun, kecuali perasaan menanti kabar buruk yang mau nggak mau ditunggu. Sebab, sejak Anthy divonis kanker paru-paru, Hada merasa dirinya harus sadar bahwa hal buruk bisa terjadi kapan aja pada sang ibu.

"Aku nggak pernah capek hati. Capek fisik iya, tapi nggak sekalipun aku utarakan. Karena aku yakin, Mami jauh lebih lelah ditambah nyeri yang semua itu nggak bisa aku rasain. Jauh banget capekku dari Mami, pasti," kata Hada saat berbincang dengan HaiBunda.

Hada bilang saat ibunya didiagnosis kanker, hal pertama yang dia lakukan adalah bicara dengan sang suami. Hada minta izin untuk mengabdi ke ibunya sampai sang ibu selesai berjuang, ntah kapan.



"Pastinya itu dengan segala konsekuensi ntah apakah akan ada fase mengorbankan waktu suami atau anak. Dan aku baru 'mengorbankan' mereka 26 hari opname Mami yang terakhir. Suami dan mertuaku full handle anak-anak dari pagi sampai malam," tutur ibu dua anak ini.

Indro 'Warkop' dan istriIndro 'Warkop' dan istri/ Foto: Instagram
Tiap hari, Hada pulang jam 01.00 dini hari lalu menemani anak-anaknya, Alya dan Kiya tidur. Esok paginya, dia memandikan dan menyuapi si kecil. Setelah itu, Alya dan Kiya dititipkan lagi di rumah mertua Hada, Bun, sedangkan Hada ke rumah sakit.

"Aku langsung ke RS. Begitu selama 26 hari. Dan suamiku bagian jemput anak-anak ke mertua kemudian pulang dan dia tidurin anak-anak. No weekend lagi selama hampir satu bulan. Biasanya aku ambil off jaga Mami di Sabtu Minggu, gantian sama kakak dan adikku. Tapi, 26 hari terakhir Mami opname, suami dan anak-anakku mengalah dengan ikhlas," kata Hada.

"Buat diri sendiri? Aku sangat kuat dan masih punya 1.000 persen kekuatan kalau pun masih dikasih waktu urus Mami lebih lama lagi," tambahnya.

Selama merawat mendiang sang ibu, Hada selalu berusaha tetap bahagia dan berpikiran positif terutama pada Tuhan. Sebagai seorang anak, Hada punya keyakinan memberi energi positif ke sang ibu lebih penting dari memikirkan gimana caranya supaya dia nggak stres.

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi