sign up SIGN UP search

rekomendasi-produk

5 Rekomendasi Obat Mual untuk Ibu Hamil, Mana yang Efektif untuk Bunda?

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Senin, 05 Dec 2022 16:45 WIB
pregnant young woman 5 Rekomendasi Obat Mual untuk Ibu Hamil, Mana yang Efektif untuk Bunda? /Foto: iStock
Jakarta -

Morning sickness saat hamil dapat diatasi dengan minum obat mual. Tapi, tidak semua obat mual aman dikonsumsi selama hamil ya, Bunda.

Mual dan muntah atau morning sickness adalah tanda umum kehamilan yang disebabkan fluktuasi hormon. Kondisi ini umumnya terjadi di trimester awal, Bunda.

Pada kondisi normal, mual dan muntah saat hamil dapat sembuh dengan sendirinya. Tapi, mual dan muntah bisa saja mengganggu aktivitas hingga memengaruhi pola makan selama hamil.


Banner jadwal libur sekolah

Obat mual untuk ibu hamil

Ada beberapa obat mual untuk ibu hamil yang dijual bebas di pasaran. Beberapa di antaranya berbentuk tablet suplemen dan serbuk seduh.

Sebelum mengonsumsi obat mual, bumil sebaiknya konsultasi dulu ke dokter kandungan ya. Tanyakan efek samping serta dosis obat dan pengaruhnya ke janin.

Nah, berikut telah HaiBunda rangkum dari beberapa sumber, 5 rekomendasi obat mual untuk ibu hamil:

1. Mama's Choice Morning Sickness Relief

Bunda dapat mengonsumsi Mama's Choice Morning Sickness Relief untuk meredakan mual dan muntah saat hamil. Dilansir laman resmi brand, suplemen ini mengandung jahe, vitamin B6, dan lemon.

Obat mual untuk bumil ini juga tanpa bahan kimia, pengawet, dan pewarna buatan. Bahan-bahannya pun telah melewati proses yang halal.

Harga suplemen mual bumil:

Produk dari Mama's Choice ini dijual dengan harga sekitar Rp149.000 untuk isi 15 sachet. Bunda dapat mengonsumsinya 1 sampai 2 kali sehari.

2. Elevit Morning Sickness Relief

Elevit Morning Sickness Relief dapat meredakan gejala morning sickness, seperti mual dan muntah. Obat ini mengandung vitamin B6 dan bubuk rimpang jahe yang dikenal bisa meredakan mual.

Setiap tabletnya juga dilapisi perasa lemon, supaya Bunda bisa meminumnya dengan mudah. Obat dapat dikonsumsi 1 sampai 2 kali per hari.

Harga obat mual:

Harga obat mual untuk bumil ini dijual dengan harga sekitar Rp495.000. Satu botol berisi 30 tablet.

3. HydroMamma

HydroMamma adalah minuman serbuk perisa yang dapat dikonsumsi sejak program hamil, masa kehamilan, hingga menyusui. Dilansir laman Mothercare, serbuk ini mengandung asam folat, vitamin C, kalium, magnesium, dan ekstrak buah.

Kandungan ekstrak buah di produk ini dapat memberikan rasa nyaman, terutama bagi Bunda yang sedang mengalami morning sickness. Bentuk suplemen yang diseduh air juga bisa membantu menghidrasi tubuh.

Harga produk:

Harga 1 box HydroMamma adalah Rp60.000. Dalam satu box berisi 12 sachet.

4. Vomil B6

Vomil B6 mengandung pyridoxine hydrochloride 37.5 mg dan pyrathiazine theoclate 40 mg. Kandungan obat tersebut dapat mencegah mual pada saat hamil, Bunda.

Meski termasuk obat bebas, penggunaan vomil B6 selama kehamilan sebaiknya dikonsultasikan dulu ke dokter. Obat dikonsumsi 1 sampai 2 kaplet per hari.

Harga obat mual:

Obat ini dijual dengan harga berkisar antara Rp30.000 sampai Rp37.000.

5. Ondansetron

Mengutip laman Medicines in Pregnancy, ondansetron adalah obat anti-mual dan anti-muntah. Obat ini biasanya digunakan pada kehamilan untuk mengobati mual muntah yang parah atau hiperemesis gravidarum.

Penggunaan obat ini selama hamil perlu dikonsultasikan ke dokter ya, Bunda. Dalam beberapa penelitian, obat ini dapat menimbulkan risiko pada janin bila tidak digunakan dengan tepat.

Harga obat:

Obat ondansetron 4 mg dijual dengan harga sekitar Rp2.000 per tablet.

Dari rekomendasi HaiBunda di atas, mana yang pernah Bunda konsumsi nih?

Yuk, ikutan pilih dengan memberi pendapat Bunda di kolom Komentar di bawah ini. Dua orang dengan komentar terbaik akan mendapatkan voucher belanja dari CT Corp masing-masing senilai Rp500 ribu. Ayo, Bun voucher belanja menantimu!

Simak juga perbedaan mual karena sakit maag dan tanda hamil, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/pri)
kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!