sign up SIGN UP search


trending

Dr Tirta, Pengusaha & Dokter Nyentrik yang Amuk Jokowi & Menkes Terawan

Kurnia Yustiana Minggu, 29 Mar 2020 15:46 WIB
Tirta Mandira Hudhi yang akrab disapa Dokter Tirta atau Cipeng, aktif menjadi relawan melawan corona. Profil dokter nyentrik ini pun enggak kalah menarik. caption
Jakarta -
Pandemi corona belum usai. Nama Tirta Mandira Hudhi atau biasa disapa dr. Tirta menjadi viral, di tengah pandemi mematikan ini.

Hal ini bermula dari aksi nekatnya membantu perjuangan tenaga medis yang berjuang melawan corona. Seperti yang kita tahu ya, Bun, para tenaga medis bekerja siang malam menangani pasien positif corona yang terus bertambah.


Melihat tenaga medis kekurangan Alat Pelindung Diri (APD), hingga beberapa gugur dalam bertugas membuatnya lantang bersuara. Dia maju ke garis depan berkeliling rumah sakit di jakarta untuk memastikan ketersedian APD untuk rekan-rekannya sesama medis.

Dokter sekaligus pebisnis itu tak kenal lelah berjuang turun langsung ke lapangan belasan jam per hari untuk lawan corona. Hingga kemarin (28/3), dr. Tirta memberi kabar lewat media sosialnya kalau ia harus istirahat total karena mengalami gejala virus corona seperti demam hingga batuk.

Meskipun sakit, perjuangannya tidak berhenti. Dia tetap mengkoordinir bantuan APD ke luar pulau dengan bantuan tim relawan lainnya.


Banyak yang penasaran dengan sosok dr. Tirta. Dihimpun dari berbagai sumber, Minggu (29/3/2020), pria yang dikenal sebagai dr. Tirta atau Cipeng itu lahir di Surakarta, 30 Juli 1991.

Dia tumbuh besar di Surakarta, Jawa Tengah, lalu menempuh pendidikan tinggi di bidang kedokteran Universitas Gadjah Mada tahun 2009. Pria ini lulus tahun 2013 dan bekerja sebagai dokter IGD di RS UGM dan Puskesmas Turi.

Sembari menjalani profesi di bidang kedokteran, dr. Tirta juga membuka bisnis Shoes and Care, jasa perawatan dan cuci sepatu premium. Namun tahun 2018 dia menderita bronkitis kronis dan memutuskan rehat dari bekerja di rumah sakit.

Dr Tirta, Pengusaha & Dokter Nyentrik yang Amuk Jokowi & Menkes TerawanMengenal dr Tirta/ Foto: Dok. Instagram @dr.tirta

"Gue memutuskan memilih rehat menjadi dokter IGD, dan berjuang demi @shoesandcare untuk anak buah gue yg separuhnya anak jalanan. So, mulailah gue berjuang as dokter edukasi + pengusaha," curhat dr.Tirta di akun Twitternya, @tirta_hudhi.

Keseriusannya di bidang bisnis membuahkan hasil. Shoes and Care semakin terkenal dan gerainya ada di sejumlah kota di Indonesia. dr. Tirta pun populer di media sosial karena kecintaannya terhadap sepatu sneakers, dan dikenal sebagai pengamat sneakers Tanah Air.

Semenjak merebaknya virus corona di Indonesia, dr. Tirta memutuskan untuk mengabdi membantu mengatasi wabah tersebut. Pria kelahiran Surakarta itu bercerita keinginannya menjadi relawan dipicu dari sosok Prof Iwan, yang begitu dekat dengan dirinya, menderita corona.

dr. Tirta lalu mati-matian menjadi relawan covid-19. Sejumlah aktivitas ia lakukan mulai dari mengkoordinasi sumbangan influencer, membagikan APD untuk tenaga medis, memberi edukasi ke masyarakat dan masih banyak lagi.

"Di situlah gue mati-matian, gue enggak mau lihat temen gue, tenaga medis, down, gue berjuang," ujarnya.

Kita doakan semoga dr Tirta segera sembuh ya, Bun.

Simak video hal-hal yang perlu Bunda tahu soal virus corona:

[Gambas:Video Haibunda]



(kuy/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi