sign up SIGN UP search


trending

Menikah dengan Bule Swiss, Ini Cara Ani Eks ART Ajarkan Anak Budaya Blitar

Siti Hafadzoh   |   Haibunda Rabu, 08 Apr 2020 11:59 WIB
Ani menikah dengan bule Swiss dan tinggal di Australia. Tapi, bukan berarti ia lupa budaya kampung halaman. Ini cara Ani ajarkan budaya Blitar pada anaknya. caption
Jakarta - Ketika orang tua berasal dari negara yang berbeda, anak-anak perlu dikenalkan dengan budaya keduanya. Ini juga dilakukan oleh Ani, mantan asisten rumah tangga (ART) Hong Kong yang menikah dengan bule Swiss.

Ani dan suaminya, Jurg menikah pada November 2011. Mereka bertemu di Hong Kong ketika Ani masih menjadi ART dan Jurg sedang melakukan perjalanan bisnis ke sana.


Mereka sekarang punya dua anak yang lucu-lucu, Bun. Namanya Annabelle dan Robin. Bersama kedua anak mereka, Ani dan Jurg saat ini tinggal di Australia.


Karena tinggal di Australia, Ani mengaku anak-anaknya lebih mengikuti budaya di negara itu. Tapi, bukan berarti wanita asal Blitar ini tidak mengajarkan budaya kampung halamannya.

"Tidak bisa lepas dengan budaya orang di kampung, apalagi kalau masalah bahasa. Hukumnya wajib pakai bahasa Indonesia sama saya," kata Ani kepada HaiBunda beberapa waktu lalu.

Menikah dengan Bule Swiss, Ini Cara Ani Eks ART Ajarkan Anak Budaya BlitarAni, Jurg, dan kedua anak mereka/ Foto: Instagram

Tidak hanya mengajarkan budaya kampung halamannya, Ani juga memperkenalkan budaya negara asal Jurg. Salah satunya lewat makanan tradisional yang satu per satu Ani kenalkan kepada anak-anaknya.

"Kami sangat bersyukur sekali karena mereka tidak susah kalau mengenai makanan terutama makanan ayahnya yang banyak mengandung keju," ujar Ani.

Ani juga memperkenalkan baju adat Blitar. Setiap hari nasional di sekolah, Annabelle dan Robin selalu menggunakan pakaian adat Jawa lho.


"Anak-anak juga sudah tahu bahwa kebaya dan blangkon adalah baju jadul Blitar. Setiap hari nasional, Annabelle sudah mengerti bahwa bajunya adalah kebaya," jelasnya.

Apa yang dilakukan Ani membuktikan bahwa menikah dengan bule dan tinggal di luar negeri bukan berarti melupakan budaya Tanah Air ya, Bun. Ia malah bisa mengajarkan kepada anak-anaknya mengenai budaya Indonesia.

Lihat juga cerita Yannie Kim besarkan dua anaknya yang campuran Indonesia-Korea berikut ini, Bun.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!