sign up SIGN UP search


trending

Niat Beli Sepeda Brompton, Tessa Kaunang Malah Kena Tipu Rp23 Juta

Siti Hafadzoh Rabu, 29 Jul 2020 10:08 WIB
s caption
Jakarta -

Bunda mungkin sudah sering mendengar sepeda Brompton yang sedang hits. Tapi, akibat ingin mengikuti tren sepeda ini, Tessa Kaunang diduga terkena tipu di e-commerce nih.

Tessa Kaunang ingin membeli sepeda Brompton yang ia lihat di e-commerce karena sedang tren. Nah, ia tergiur dengan harga diskon sepeda itu, dari harga Rp57 juta menjadi Rp23 juta.

Ia mengatakan, namanya juga perempuan, pasti tergiur kalau ada diskon. Apalagi sepedanya berwarna ungu, warna kesukaan Tessa Kaunang.


Akhirnya, ia melakukan transaksi pembayaran sesuai prosedur toko online itu, Tapi, tak lama kemudian, Tessa mendapat telepon dari nomor tidak dikenal.

"Akhirnya saya transaksi dan prosedur yang saya lakukan sesuai yaitu transfer ke virtual account yang keluar dari tempat belanja itu. Satu jam kemudian ada yang telepon saya 'kami dari belanja online tersebut. Karena ibu mendapat diskon 60 persen jadi ibu harus mengaktivasi voucher diskon'. Dia kasih link, saya masuk, lalu diminta masuki OTP (one time password)," kata Tessa Kaunang.

Ternyata, link yang didapat Tessa Kaunang itu palsu. Orang yang menelepon juga bukan dari pihak e-commerce, Bunda.

Ia kemudian langsung memasukkan kode OTP ke e-commerce itu. Tapi, Tessa mendapat telepon lagi dan orang itu mengatakan bahwa jangan membuka dulu website tersebut.

"Habis itu orangnya sempat telepon lagi 'ibu jangan dibuka websitenya masih diaktivasi kode diskon'. Saya ikuti. Habis itu tidak ada kabar lagi. Tahu-tahu laporan barang sudah saya terima dan selesai," ujarnya dikutip dari detikcom.

Mantan istri Sandy Tumiwa ini mengaku, ia memang gagap teknologi alias gaptek. Ini adalah pertama kalinya Tessa berbelanja online lewat e-commerce.

Ia tidak bisa berbuat banyak setelah rugi Rp23 juta. Sepeda belum diterima, uangnya juga tak bisa kembali.

Tessa sudah komplain kepada pihak e-commerce tapi tidak ada jawaban yang memuaskan. Ia hanya menerima uang kembali sebesar Rp4 juta. Toko bernama TRB Bike itu pun diblokir.

Namun, uang Rp4 juta itu tidak tahu kapan akan diganti. Karena kejadian ini, Tessa melaporkan kejadian tersebut ke Polres Metro Jakarta Selatan.

Nah, apa yang dialami Tessa Kaunang ini bisa menjadi pelajaran untuk kita ya, Bunda. Jangan memberi kode OTP kepada siapapun.

Bunda, lihat juga tips belanja bulanan supaya lebih hemat di video berikut ini yuk.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/kuy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi