sign up SIGN UP search


trending

Bukan Jack Ma & Ma Huateng, Ini Dia orang Terkaya Asia

Yuni Ayu Amida Kamis, 10 Sep 2020 22:00 WIB
NEW YORK, NY - APRIL 26: Chairman of Reliance Industries Mukesh Ambani (L) attends the TIME 100 Gala, TIME'S 100 Most Influential People In The World at Frederick P. Rose Hall, Jazz at Lincoln Center on April 26, 2011 in New York City.  (Photo by Stephen Lovekin/Getty Images for TIME) caption
Jakarta -

Saat ini orang terkaya di Asia rupanya diduduki oleh seorang pengusaha asal India, Bunda. Ialah Mukesh Ambani yang merupakan pemilik perusahaan Reliance Industries.

Melansir Forbes, Mukesh Ambani kini menduduki posisi ke lima sebagai orang terkaya di dunia. Dengan kekayaan mencapai US$ 83 miliar atau sekitar Rp 1.231 triliun.


Kekayaan tersebut berhasil menggeser posisi Ma Huateng danĀ Jack Ma yang sebelumnya menduduki posisi satu dan dua di Asia, menjadi posisi orang terkaya Asia nomor dua dan tiga. Serta posisi 18 dan 21 terkaya di dunia.

Pria 63 tahun ini memimpin dan menjalankan raksasa minyak dan gas Reliance Industries dan berhasil meraih pendapatan senilai $88 miliar atau setara Rp 1.297 triliun. Dan menjadikan perusahaan tersebut menjadi perusahaan paling diakui di India.

Reliance mulanya didirikan oleh almarhum ayah Mukesh, Dhirubhai Ambani, seorang pedagang benang, pada tahun 1966 sebagai produsen tekstil kecil. Setelah kematian ayahnya pada tahun 2002, Ambani dan adiknya Anil membagi kerajaan keluarga tersebut.

Pada bulan Mei lalu, Reliance meluncurkan JioMart, layanan grosir online yang dimaksudkan untuk bersaing dengan perusahaan seperti Amazon dan Flipkart milik Walmart serta perusahaan lainnya dalam bisnis ini. JioMart sendiri sukses keras, Bunda.

"Keberhasilan JioMart dalam rentang waktu yang begitu singkat, terutama saat India bersama dengan seluruh dunia memerangi Covid- 19 pandemi, benar-benar belum pernah terjadi sebelumnya, dan fase pertumbuhan yang paling menarik baru saja dimulai," kata Egon Durban, co-CEO dan mitra pengelola Silver Lake.

Melihat keberhasilan tersebut, dikabarkan perusahaan ekuitas swasta AS, Silver Lake Partners akan menginvestasikan $ 1,02 miliar atau setara Rp 1.512,8 triliun di cabang ritel Reliance Industries milik Mukesh Ambani. Tentunya hal ini akan menambah pundi-pundiĀ kekayaan ayah tiga anak ini yang sekarang berdomisili di Mumbai, India.

Simak juga cara mengajari anak menabung dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(yun/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi