sign up SIGN UP search


trending

Begini Caranya Daftar Supaya Dapat Bansos Tunai Rp300 Ribu/Bulan

Annisa Afani Senin, 30 Nov 2020 14:39 WIB
tourist budget for holidays in Indonesia. favorable exchange rates for the dollar to Indonesian rupees. caption
Jakarta -

Pemerintah akan tetap memberikan Bantuan Sosial Tunai atau BST Rp300 ribu per bulan pada 2021. Untuk mendapatknya cukup mudah kok, Bunda.

Untuk Informasi seputar penyaluran dan pendaftaran BST Rp300 ribu, Bunda bisa mendapatkannya dengan lengkap melalui laman dtks.kemensos.go.id. Data Terpadu Kesejahteraan Sosial atau DTKS memuat 40 persen penduduk dengan tingkat kesejahteraan sosial paling rendah di Indonesia.

Nah, untuk mendapatkannya, bisa daftar dtks. Dikutip dari laman DTKS, berikut cara daftar dtks.kemensos.go.id:


1. Mendaftarkan diri dengan bawa KTP dan KK ke kelurahan setempat

Masyarakat harus mendaftarkan diri ke kelurahan atau desa setempat sambil membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK). Kemudian, hasil daftar dtks.kemensos.go.id yang dilakukan fakir miskin akan dibahas pada musyawarah desa atau kelurahan, lalu warga yang dinilai layak masuk dalam prelist awal atau usulan baru.

2. Pendaftaran masyarakat menjadi berita acara dtks.kemensos.go.id

Musyawarah desa atau kelurahan akan menghasilkan berita acara daftar dtks.kemensos.go.id yang ditandatangani kepala desa. Berita acara bisa disahkan perangkat desa lain yang kemudian menjadi prelist akhir.

3. Verifikasi oleh dinas sosial

Dinas sosial selanjutnya melakukan verifikasi dan validasi data prelist akhir daftar dtks.kemensos.go.id. Seluruh instrumen DTKS digunakan lewat kunjungan rumah tangga.

4. Input data melalui aplikasi

Data yang telah diverifikasi dan validasi dimasukkan dalam aplikasi Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial (SIKS) offline. Input data daftar dtks.kemensos.go.id dilakukan operator desa atau kecamatan, yang kemudian dieksport berupa file extension siks.

5. Data dikirim ke dinas sosial

File ekstension siks berisi data daftar dtks.kemensos.go.id dikirim ke dinas sosial untuk diimporhttps://www.haibunda.com/tag/biaya+sekolah dalam aplikasi SIKS online. Hasil verifikasi dan validasi data dilaporkan pada bupati atau walikota, yang diteruskan pada gubernur hingga menteri.

Setelah itu, cek daftar dtks.kemensos.go.id. Untuk mengetahui caranya, klik NEXT.

 

[Gambas:Video Haibunda]

 

Banner Biaya Sekolah

 

Begini Caranya Daftar Supaya Dapat Bansos Tunai Rp300 Ribu/Bulan
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!