sign up SIGN UP search


trending

Pedoman Terbaru Pakai Masker Saat Pandemi Corona, Perhatikan Bun

Siti Hafadzoh Selasa, 08 Dec 2020 16:14 WIB
Young woman with protective mask and gloves driving a car. Infection prevention and control of epidemic. World pandemic. Stay safe. caption
Jakarta -

Masker merupakan salah satu barang yang wajib setiap orang punya di tengah pandemi Corona. Benda yang satu ini efektif lho untuk mencegah penularan COVID-19.

Karena Corona merupakan virus baru, tak heran pedoman penggunaan masker untuk pencegahan pun selalu berubah-ubah. Kalau di awal-awal pandemi boleh mengenakan masker jenis apapun, sekarang masker kain minimal harus 3 lapis nih, Bunda.

Begitu pula dengan pedoman penggunaan masker. Harus diperhatikan juga ya. Mengutip situs resmi Badan Kesehatan Dunia (WHO), Bunda wajib pakai masker saat berada di tempat virus bersirkulasi. Masker harus dipakai saat ada di kerumunan yang tidak memungkinkan menjaga jarak, minimal 1 meter dari orang lain.


Masker juga harus dipakai saat kita berada di ruangan dengan ventilasi buruk. Masalahnya, tidak selalu mudah untuk menentukan kualitas ventilasi. Kualitasnya tergantung pertukaran udara serta sirkulasi udara segar. Nah, kalau Bunda ragu dengan kualitas ventilasi di ruangan, sebaiknya pakai masker saja ya.

Kalau sudah pakai masker, bukan berarti kita bisa bebas berdekatan dengan orang lain lho. Bunda tetap perlu menjaga jarak dengan orang lain meski sudah pakai masker.

Lalu, di mana saja kita wajib pakai masker? Saat berada di area publik indoor seperti pusat perbelanjaan, rumah ibadah, restoran, sekolah, dan transportasi publik, Bunda wajib pakai masker ya.

Bahkan, kalau ada tamu yang datang ke rumah, Bunda dan keluarga juga wajib pakai masker jika kualitas ventilasi buruk. Baik tuan rumah maupun tamunya harus mengenakan masker, Bunda.

Perlu diperhatikan juga, jenis masker seperti apa yang sebaiknya digunakan di tengah pandemi Corona. Lalu, apakah saat berolahraga wajib pakai masker juga?

Klik NEXT untuk lihat penjelasannya ya.

Simak juga tips memakaikan masker pada anak berikut ini yuk, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]

Banner biaya sekolah
Apakah boleh melepas masker saat berolahraga?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!