sign up SIGN UP search


trending

Kisah Konglomerat Mualaf Jusuf Hamka, Pernah Bangkrut hanya dalam Waktu 3 Jam

Asri Ediyati   |   Haibunda Jumat, 14 May 2021 22:06 WIB
YUSUF HAMKA SEMPAT BANGKRUT, BANGKIT LAGI KARENA ISTRI
Jusuf Hamka, pebisnis dan pegiat sosial caption

Di tahun 1998, Jusuf Hamka dan istrinya harus melewati ujian yang berat. Kala itu, ia mengalami kebangkrutan karena krisis ekonomi. Dua minggu tak bisa makan, namun perlahan bangkit kembali karena ditolong istri.

"Saya dua minggu enggak bisa makan. Minum, makan pun buah, terus berdiri pun ileran. Waktu itu dollar dari Rp1.000 menjadi Rp10.000. Saya waktu itu punya posisi valas, dan tahun 1998, saya rugi ratusan juta Dollar dalam waktu 3 jam," katanya.

"Sampai saya melamun, sampai ileran. Saya masih merokok, saya bakar terus. Tapi yang luar biasa adalah malaikat yang mendampingi saya yaitu istri saya."


Jusuf Hamka kala itu hanya memikirkan sang istri, ia minta maaf dan berjanji untuk mencari uang kembali. Dalam susahnya, Jusuf juga memohon pada Tuhan agar selalu diberikan kesehatan dan kesempatan.

"Saya peluk dia, saya bilang, 'Maafkan saya Ma'. Tapi saya akan cari [uang] lagi. Dia bilang, enggak apa-apa Pa, kita sama-sama kerja aja, kita cari terus saya ambil sajadah, saya salat terus saya berdoa," kata Jusuf.

"Ya Allah aku terima musibah ini. Aku ikhlas harta yang engkau berikan, engkau ambil balik, aku ikhlas lillahi ta'ala. Ya Allah kasih aku kesehatan dan pemikiran aku tetap ada, insyaAllah aku akan kembali."

Jusuf kemudian perlahan bangkit, sampai akhirnya memiliki proyek 1.000 masjid. Nah, seperti apa cerita di balik proyek 1.000 masjid? Baca kelajutannya di halaman berikut.

PROYEK BANGUN 1.000 MASJID YUSUF HAMKA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!