sign up SIGN UP search


trending

Bukan Susu Beruang, Riset Ini Sebut ASI Lebih Ampuh Cegah COVID-19 Bun

Annisa Afani Selasa, 06 Jul 2021 07:05 WIB
ilustrasi menyusui caption
Jakarta -

Beberapa waktu belakangan, produk susu beruang menarik perhatian, Bunda. Ini karena masyarakat diketahui berburu untuk membeli produk tersebut secara massal alias diborong.

Fenomena ini terjadi sejak pemberlakuan PPKM Darurat pada 3 Juli lalu. Menurut informasi, masyarakat meyakini bahwa susu tersebut ampuh untuk melawan COVID-19.

Kendati demikian, menurut sebuah penelitian, nyatanya ada yang lebih ampuh melawan virus COVID-19, yakni air susu ibu atau ASI. Berdasarkan pernyataannya, ASI disebut bisa mengirimkan antibodi untuk melawan virus terkait.


Penelitian ini ditemukan oleh studi yang ditulis bersama URMC (University of Rochester Medical Center). Selain itu, ada pula dari sejumlah universitas lain dengan judul "Characterization of SARS-CoV-2 RNA, Antibodies, and Neutralizing Capacity in Milk Produced by Women with COVID-19".

Disebutkan pula, menyusui tetap aman dilakukan bagi ibu yang terpapar COVID-19 dan tidak akan menularkan virus itu melalui ASI. Dikutip laman resmi URMCASI, ASI bekerja untuk memberikan antibodi bawaan yang bisa menetralisir virus tersebut.

Kemudian, mengutip dari CNBC Indonesia, penelitian ini diketahui turut menganalisa 37 sampel susu yang dikirimkan 18 wanita positif COVID-19. Dalam penelitian itu, ditemukan tidak ada sampel susu yang mengandung virus sementara dua pertiganya mengandung dua antibodi khusus untuk virus.


TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI. 

(AFN/AFN)
Share yuk, Bun!

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!