sign up SIGN UP search


trending

Gejala COVID-19 Varian Kappa Disebut Mirip Campak, Ini Faktanya Bun

Maya Sofia Sabtu, 10 Jul 2021 18:46 WIB
Virus Corona Varian Delta Melonjak di RI, Ini Fakta-faktanya caption
Jakarta -

Bunda mungkin pernah membaca informasi yang tersebar di media sosial tentang gejala COVID-19 varian Kappa mirip campak. Salah satunya muncul ruam di sekujur tubuh.

Namun faktanya tidak demikian, Bunda. Kemiripan antara COVID-19 varian Kappa dengan campak justru ada pada cara penularannya, bukan gejala.

Pakar epidemiologi Universitas Griffith Australia Dicky Budiman mengatakan, kemiripan COVID-19 varian Kappa dengan campak sama-sama menular dalam waktu cepat. Menurutnya, COVID-19 varian Kappa dapat menular sangat cepat seperti campak, bahkan dalam hitungan detik.


"Iya itu berpapasan dengan orang langsung terinfeksi, cepat banget kurang dari waktu 10 detik," ujar Dicky saat dikonfirmasi detikcom Rabu (30/6/2021).

Ia menjelaskan, perbandingan kecepatan penularan COVID-19 varian Kappa dan campak tidak jauh berbeda. Meski penyakit campak sendiri memiliki angka reproduksi lebih tinggi.

"Campak itu cepat banget, menularnya kan airborne disease juga angka reproduksinya tapi masih tinggi campak ya mereka 18, tapi ini ya setidaknya 8 lah, artinya itu sama-sama begitu infeksius," tuturnya.

TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

(som/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi