sign up SIGN UP search


trending

Kelompok Gamelan Ini Lestarikan Seni Budaya Indonesia Sampai ke Negeri Orang

Asri Ediyati Minggu, 15 Aug 2021 21:55 WIB
Gamelan Indonesia Sampai ke Negeri Orang caption
Jakarta -

Merantau di negeri orang tentu tak membuat para diaspora Indonesia lupa akan asalnya. Contohnya, baru-baru ini sebuah rombongan pemain musik berjalan perlahan di sebuah ruas jalan di Berlin, Jerman. Mereka memainkan musikĀ gamelan khas Bali, Bunda.

Kehadiran mereka sukses menarik perhatian warga Jerman yang sedang menikmati hari di sana, terlebih lagi mereka mengenakan pakaian adat Bali. Rombongan pemusik itu dipimpin oleh penari laki-laki dan perempuan yang terus berlenggok mengikuti irama musik. Di belakangnya, sejumlah anggota rombongan memainkan berbagai alat musik gamelan.

Mereka kemudian berhenti di sebuah lapangan sambil terus memainkan musik. Penampilan mereka kemudian menarik perhatian warga di sana, para warga terus tertuju ke arah mereka, menikmati penampilan yang disuguhkan.


Mereka adalah Kelompok Gamelan Bali Puspa Githa Pertiwi, gabungan para diaspora Indonesia yang tampil dalam event Fete de la Musique 2021, Bunda. Dalam event tersebut, mereka melestarikan budaya bangsa dan mempromosikannya di negeri orang.

Selain Kelompok Puspa Githa Pertiwi, masih banyak diaspora Indonesia yang terus mengenalkan budaya-budaya bangsa kepada dunia, lho.

Gamelan Indonesia Sampai ke Negeri OrangGamelan Indonesia Sampai ke Negeri Orang/ Foto: Rumah Digital Indonesia

Ada Staf dan Dharma Wanita Persatuan (DWP) KBRI Sarajevo, Bosnia. Di depan Masjid Istiqlal Sarajevo, mereka menampilkan pertunjukan angklung. Mereka membawakan sejumlah lagu daerah. Penampilan mereka semakin menarik berkat baju adat dan aksesoris khas daerah Indonesia yang dikenakan.

Tak hanya diaspora Indonesia, banyak pula warga negara asing yang memainkanĀ musik tradisional Indonesia di negara mereka, lho, Bunda. Misalnya Friends of Indonesia, grup binaan kelas seni budaya KBRI Buenos Aires, Argentina.

Dalam rangka menyambut HUT ke-76 Republik Indonesia, mereka memainkan pertunjukan gamelan. Meski bukan berasal dari Indonesia, mereka tampak piawai memainkan alat-alat musik gamelan. Setelah menunjukkan kebolehannya, mereka pun memberikan ucapan selamat HUT ke-76 Indonesia.

Gamelan Indonesia Sampai ke Negeri OrangGamelan Indonesia Sampai ke Negeri Orang/ Foto: Rumah Digital Indonesia

Nah, bagi Bunda yang tak ingin melewatkan penampilan mereka, penampilan Kelompok Puspa Githa Pertiwi, Staf KBRI Sarajevo, Friends of Indonesia, dan masih banyak lagi video kiriman saudara-saudara kita di luar negeri bisa ditonton di Rumah Digital Indonesia.

Untuk menyaksikan penampilan mereka, Bunda bisa akses www.rumahdigitalindonesia.id, lalu klik peta. Setelah itu, pilih Ruang Seni & Budaya, lalu klik Ruang Musik. Ada banyak video menarik yang bisa kamu tonton di sana.

Jangan lupa ditonton ya, Bunda agar kita semua punya andil dalam lestarikan terus musik tradisional Indonesia!

(aci/fir)
Share yuk, Bun!

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!