sign up SIGN UP search


trending

Adik Perempuan Kim Jong Un Diangkat Jadi Pembuat Keputusan Tertinggi Negara, Ternyata...

Mutiara Putri Sabtu, 02 Oct 2021 18:55 WIB
FILE - In this March 2, 2019, file photo, Kim Yo Jong, sister of North Korea's leader Kim Jong Un attends a wreath-laying ceremony at Ho Chi Minh Mausoleum in Hanoi, Vietnam. The powerful sister of North Korean leader Kim ripped South Korea for proceeding with military exercises with the United States she claimed are an invasion rehearsal and warned that the North will speed up its efforts to strengthen its pre-emptive strike capabilities. (Jorge Silva/Pool Photo via AP, File) caption
Jakarta -

Baru-baru ini kabar dari Korea Utara tentang pengangkatan Kim Yo Jong sebagai pembuat keputusan tertinggi di negara itu menarik perhatian dunia, Bunda. Adik perempuan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un itu kini sudah menjadi anggota Komisi Urusan Negara (SAC), Bunda.

Sebelumnya, Kim Yo Jong memang sering disebut-sebut akan menjadi pengganti sang kakak untuk memimpin negara itu. Enggak heran, selama ini Yo Jong adalah orang yang paling dipercaya oleh Kim Jong Un.

Melansir dari laman CNN, Kim Yo Jong adalah salah satu politikus paling penting serta penasihat utama kakaknya, Bunda. Namun, kursi SAC adalah posisi paling resmi dan tinggi yang ia pegang.


Kabar tentang promosi yang didapatkan oleh Yo Jong ini muncul setelah sang kakak mengatakan kepada Majelis Legislatif akan memulihkan jalur komunikasi denganĀ Korea Selatan di awal Oktober, Bunda.

Pengangkatan Kim Yo Jong ini tentu bukan tanpa alasan, Bunda. Ia diyakini sebagai salah satu orang kepercayaan kakaknya yang paling kuat. Ia bahkan dinilai sebagai 'de facto kedua' oleh Badan Intelijen Nasional Korea Selatan.

Banner Pria Bali Jadi Supir di Kanada Bergaji Besar

Sebagai informasi, Korea Utara telah memutuskan jalur komunikasi pada bulan Juni tahun lalu. Kemudian, kedua negara memutuskan untuk memulihkan komunikasi langsung pada Juli tahun ini.

Selain Kim Yo Jong, ada pula beberapa orang lainnya yang diangkat sebagai bagian dari perubahan SAC. Dari tujuh orang, Yo Jong adalah satu-satunya perempuan yang mengisi jabatan itu.

Sembilan orang sebelumnya dinyatakan pensiun dan diturunkan jabatannya. Mereka termasuk Pak Pong Ju yang berusia 82 tahun, sang pembuat kebijakan ekonomi untuk Kim Jong Un selama 10 tahun terakhir.

Tak hanya Pong Ju, Pemimpin Program Senjata dan Komandan Militer Tertinggi, Ri Pyong Chol, juga sudah turun jabatan, Bunda. Kini, posisinya digantikan oleh Jenderal Militer Pak Jong Chon. Ia bahkan tengah mengawasi perkembangan senjata baru di Korea Utara.

Bunda penasaran dengan sosok Kim Yo Jong? Klik baca halaman berikutnya yuk, Bunda.

Lihat juga video pesan BTS untuk generasi muda dunia berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



PROFIL SINGKAT KIM YO JONG
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!