sign up SIGN UP search


haibunda-squad

5 Hal Sepele yang Sering Jadi Penyebab Berat Badan Berlebih Pasca Melahirkan

Asri Ediyati Selasa, 21 Sep 2021 17:10 WIB
Ilustrasi ibu menyusui caption
Jakarta -

Setelah melahirkan, fokus Bunda mungkin sudah berbeda. Menyusui menjadi prioritas Bunda saat itu. Berat badan juga memang bukan fokus utama.

Namun, tak jarang banyak yang mengeluh soal berat badan yang susah turun setelah masa menyusui itu sudah berlangsung lama atau bahkan sudah lewat. Ada pula yang mengeluh berat badan tak kunjung balik ke normal seperti sebelum hamil.

Bunda, juga mengeluhkan hal yang sama? Menurut dr.Diana F Suganda, M.Kes, Sp.GK, dari RS Pondok Indah Bintaro Jaya, ada banyak faktor yang membuat Bunda kesulitan untuk menurunkan berat badan pasca melahirkan.


Rupanya, faktor itu juga sudah memengaruhi jauh sebelum kita melahirkan, Bunda, yaitu pada saat kehamilan. Nah, lima hal sepele ini sering menjadi penyebab berat badan berlebih pasca melahirkan dan enggak kunjung turun.

1. Tidak perhatikan kenaikan BB saat hamil

Sebelum hamil, menurut dr. Diana, wanita Indonesia umumnya memerlukan 1.500 kalori per hari. Begitu hamil, kebutuhan kalori meningkat seiring dengan usia kehamilan. Nah, kenaikan berat badan saat hamil menjadi penting karena ini berkaitan kelebihan berat badan pasca melahirkan, Bunda.

Kenapa? Kalori yang diasup saat hamil perlu menyesuaikan indeks massa tubuh (IMT). Kalau normal, Bunda bisa naik terus sampai kehamilan 10-12 kg. Kalau overweight dan obesitas, Bunda perlu rem sedikit asupan kalori agar nantinya tidak berdampak saat kehamilan hingga pasca persalinan.

"Kalau bunda yang kurang atau malnourished, itu naiknya bisa banyak 14-16 kg. Bunda dikasih nutrisi yang tepat dahulu, baru nanti kita membantu untuk pertumbuhan janin," tutur dr.Diana di Live Instagram HaiBunda Dampak Berat Badan Berlebih Pasca Melahirkan, Selasa (21/9/2021).

"Kalau sudah jaga seperti itu dari kehamilan, jadi enggak akan ada nih berat badan berlebih pasca melahirkan. Ya kan? Jadi PR-nya enggak terlalu banyak."

Kenaikan berat badan saat hamil yang meningkat bisa memiliki beberapa risiko juga, Bunda, seperti diabetes gestasional, kencing manis saat hamil dan tekanan diri yang memungkinkan ibu hamil mengalami preeklampsia.

Simak juga jenis olahraga tepat bagi Bunda yang obesitas:

[Gambas:Video Haibunda]



ASAL DIET, KURANG ASUPAN PROTEIN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!