sign up SIGN UP search


trending

Kisah Rita Gaviola, Dulu Mengemis di Tengah Festival Kini Ingin Coba Miss Universe

Asri Ediyati Senin, 04 Oct 2021 20:48 WIB
Rita Gaviola caption
Jakarta -

Nama Rita Gaviola sudah tak asing lagi Filipina, bahkan Asia Tenggara. Kalau Bunda masih ingat, Rita Gaviola dahulu adalah seorang pengemis. Nasibnya berubah ketika foto Rita yang sedang mengemis di tengah festival mendadak viral di internet.

Di foto itu, Rita Gaviola masih berusia 13 tahun. Saat itu fotografer Topher Quinto Burgos melihatnya dari kerumunan orang yang menghadiri Festival Pahiyas di Lucban pada Mei 2016.

Rita Gaviola dikenal sebagai Badjao Girl yang cantik setelah fotonya beredar online. Netizen memuji fisiknya yang seperti model dan fitur wajahnya yang mencolok. Rita dipanggil Badjao Girl karena keluarganya termasuk dalam suku yang disebut Badjao.


Saat masih kecil, Rita pindah dari Zamboanga ke Lucena bersama orang tua dan lima saudara kandungnya. Ayahnya bekerja sebagai pemulung sementara ibunya tinggal di rumah untuk menjaga saudara-saudaranya. Untuk menolong ekonomi keluarganya, Rita mengemis di jalan raya.

Foto-foto itu dibagikan di berbagai platform media sosial oleh para warganet yang mengagumi kecantikannya dan meningkatkan kesadaran akan penderitaan sesama masyarakat Badjao. Foto tersebut membawa berkah dan perubahan tak terduga ke dalam kehidupan dia dan keluarganya.

"Saya bersyukur kepada Tuhan atas semua berkah ini," kata pengemis cantik itu, dikutip dari Inquirer.

Rita juga mengucapkan terima kasih kepada fotografer Topher Quinto Burgos, yang mengunggah fotonya di akun Facebook-nya. "Jika bukan karena fotonya, semua ini tidak akan terjadi," katanya.

Menurut walinya, Evelyn Jane Ana, penduduk desa pesisir Barra di Lucena City, Rita Gaviola telah menerima sejumlah sponsor untuknya agar bisa sekolah. Ia mendapat sepatu, pakaian, perlengkapan sekolah, uang, dan beasiswa pendidikan sebagai hadiah dari individu dan sponsor perusahaan.

"Dia sangat berterima kasih. Impiannya untuk membantu keluarganya kini terwujud," kata Ana.

Simak ceritanya di halaman berikut.

Simak juga cerita Putri Indonesia Whulandary tinggal di Malaysia dan kejar S2 di Indonesia:

[Gambas:Video Haibunda]



DARI PENGEMIS JADI SELEBGRAM
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!