sign up SIGN UP search


trending

Sudah Tahu Bun? Libur Maulid Nabi Digeser Hari Rabu Lho

Ratih Wulan Pinandu Sabtu, 09 Oct 2021 21:10 WIB
ilustrasi nabi muhammad caption
Jakarta -

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW diperingati setiap tanggal 12 Rabiul Awal yang tahun ini jatuh bertepatan pada tanggal 19 Oktober 2021. Itu artinya, akan ada hari libur nasional di pekan depan ya, Bunda.

Namun, perlu Bunda tahu nih, bahwa hari libur nasional peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun ini digeser oleh pemerintah menjadi Rabu, 20 Oktober 2020.

Kebijakan ini diambil pemerintah sebagai langkah antisipasi meningkatnya penyebaran angka COVID-19. Dalam artian, jika banyak hari libur berdekatan dengan momen libur weekend, akan membuat banyak orang tertarik untuk berlibur.


Terkait hal tersebut, Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama (Kemenag), Kamaruddin Amin mengatakan bahwa kebijakan untuk menggeser hari libur memang menjadi salah satu upaya pemerintah untuk pencegahan dan penanganan penyebaran munculnya klaster baru Covid-19, Bunda.

Banner Wanita RI jadi Buruh di SwediaWanita RI jadi Buruh di Swedia/ Foto: haibunda.com/Mia Kurnia Sari

"Sebagai antisipasi munculnya kasus baru Covid-19, hari libur Maulid Nabi digeser 20 Oktober 2021," jelas Kamaruddin melalui keterangan tertulis, Sabtu (9/10/2021).

Namun, ini bukan berarti momen Maulid Nabi jadi ikut digeser ke hari Rabu atau 13 Rabiul Awal ya, Bunda. Kamaruddin menegaskan bahwa pergeseran hari libur hanya untuk peringatan Maulid Nabinya saja.

Sedangkan Maulid Nabi Muhammad SAW tetap jatuh pada 12 Rabiul Awal atau pada Selasa pekan depan ya.

"Maulid Nabi Muhammad Saw tetap 12 Rabiul Awal. Tahun ini bertepatan 19 Oktober 2021 M. Hari libur peringatannya yang digeser menjadi 20 Oktober 2021 M," ujarnya.

Seperti yang kita tahu ya, Bunda, angka kasus positif COVID-19 di Indonesia meningkat usai libur Hari Raya pada beberapa bulan lalu. Saat itu, pemerintah memperbolehkan masyarakat mudik ke kampung halaman masing-masing.

Meskipun diberikan berbagai syarat dan protokol kesehatan yang ketat, nyatanya tak bisa membendung laju penyebaran virus Corona. Angka kematian akibat COVID-19 melonjak tajam, hingga menyebabkan banyak rumah sakit kewalahan menangani pasien.

Nah, mengantisipasi hal tersebut terjadi lagi, pemerintah memilih untuk menjeda hari libur nasional dengan libur akhir pekan. Sehingga diharapkan tidak akan membuat masyarakat berkerumun di tempat wisata.

Simak yuk, penjelasan selengkapnya mengenai hal ini..

TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!