sign up SIGN UP search


Video

8 Fakta Ilmiah tentang Omicron, Lebih Cepat Menular Dibanding Varian Delta

Haibunda   |   Haibunda Sabtu, 05 Feb 2022 12:54 WIB

Pada 26 November 2021, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan varian B.1.1.529 menjadi variant of concern, bernama Omicron. WHO menyebut, Omicron memiliki beberapa mutasi yang mungkin berdampak pada pola penyebarannya atau tingkat keparahan penyakit yang ditimbulkan.

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) mengatakan bahwa orang yang terinfeksi varian Omicron bisa memiliki gejala yang sama dengan varian sebelumnya. Keparahan gejala dapat dipengaruhi oleh status vaksinasi COVID-19, kondisi kesehatan lain, usia, dan riwayat infeksi sebelumnya.

Data awal menunjukkan, Omicron dapat menyebabkan penyakit yang lebih ringan, meski pada beberapa orang yang memiliki penyakit parah, memerlukan rawat inap. Varian Omicron ini juga bisa menyebabkan seseorang yang terinfeksi meninggal ya, Bunda.

Meski gejalanya dianggap lebih ringan, Bunda tetap perlu waspada dengan varian Omicron dan jangan kendor dengan protokol kesehatan. Nah, Bunda juga perlu mencari informasi yang benar terkait Omicron agar tidak termakan berita bohong alias hoax. Berikut ini ada delapan fakta terkait varian Omicron yang dilansir dari laman covid19.go.id.


Share yuk, Bun!

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!