sign up SIGN UP search


trending

Viral Pasien Cacar Monyet Naik Kereta, Tak Terima Ditegur Dokter

Annisa A   |   Haibunda Senin, 01 Aug 2022 23:00 WIB
Monkeypox new disease dangerous over the world. Patient with Monkey Pox. Painful rash, red spots blisters on the hand. Close up rash, human hands with Health problem. Banner, copy space. Painful rash, red spots blisters on the hand. Close up Allergy rash, human hands with dermatitis and Health problem. Ill eczema skin of patient. Viral Diseases. Red rashes on the palm. Enterovirus. coxsackie Viral Pasien Cacar Monyet Naik Kereta, Tak Terima Ditegur Dokter/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Marina Demidiuk
Jakarta -

Penyakit monkeypox atau cacar monyet yang tengah mewabah menjadi ancaman baru. WHO telah menetapkan penyakit ini sebagai darurat kesehatan global.

Meski begitu, masih banyak orang yang menyepelekan penyakit ini, Bunda. Seperti kasus penemuan pasien cacar monyet yang terjadi di Spanyol.

Seorang dokter asal Spanyol menemukan pasien monkeypox yang sedang berkeliaran di kereta. Ia melihat pria tersebut tengah menaiki kereta meski memiliki banyak ruam pada kulitnya.


Ruam tersebut diduga merupakan gejala penyakit cacar monyet. Meski begitu, tak ada orang yang mempedulikan pria tersebut.

Dokter bedah bernama Arturo M Henriues itu menceritakan kejadian tersebut lewat akun Twitter miliknya, @arturohenriques. Ia mengunggah foto suasana keramaian di dalam kereta.

Foto tampak menyoroti kaki pria yang diduga terkena cacar monyet. Bagian betis pria tersebut terlihat dipenuhi ruam dan bentol-bentol, Bunda.

"Saya akan menceritakan kejadian di balik foto ini," tulis Arturo.

Ia bercerita, kejadian itu berlangsung pada pukul 6.20 waktu setempat pada 25 Juli lalu. Pria tersebut menaiki kereta dalam kondisi tubuh yang dipenuhi ruam, mulai dari kaki hingga tangan.

Dokter tersebut kemudian mendatangi pria itu. Secara perlahan, ia mengajaknya berbicara dan bertanya apakah ia mengidap penyakit cacar monyet.

"Lalu dia menjawab 'Ya, tetapi dokter tidak menyuruh saya diam di rumah, melainkan hanya memakai masker'. Saya kemudian mengatakan bahwa apa yang ia derita saat ini sangatlah menular," ujarnya.

Arturo juga mengatakan bahwa ia berprofesi sebagai dokter. Akan tetapi, pria tersebut tidak merespon dengan baik dan menyuruh Arturo untuk tidak mengganggunya.

Pria tersebut kemudian menempati kursi kosong, Bunda. Seorang wanita yang duduk di sebelah pria itu tampak tidak khawatir.

Arturo kemudian bertanya kepada wanita itu, apakah ia tidak takut tertular. Namun ternyata, apa yang diucapkan oleh wanita itu kembali membuat Arturo tercengang. Ia kembali menemukan miskonsepsi mengenai monkeypox.

"Bagaimana mungkin saya tertular kalau saya bukanlah pria penyuka sesama jenis? Pemerintah mengatakan bahwa hanya pria penyuka sesama jenis saja yang bisa tertular," kata Arturo menuturkan ucapan si wanita.

Lanjutkan membaca di halaman berikutnya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga video tentang berbagai sumber penularan cacar monyet:

[Gambas:Video Haibunda]



SIAPA SAJA YANG BISA TERTULAR CACAR MONYET?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!