sign up SIGN UP search


trending

Ada Pasien Terkena COVID-19, Cacar Monyet & HIV Sekaligus, Ini Pemicunya Bun

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Sabtu, 27 Aug 2022 18:30 WIB
Ilustrasi pasien di rumah sakit caption
Jakarta -

Hingga kini, kasus COVID-19 masih ditemukan di Indonesia. Belum selesai urusan COVID-19, masyarakat Tanah Air dihebohkan dengan ditemukannya pasien positif cacar monyet, Bunda.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) menjelaskan bahwa cacar monyet adalah penyakit yang disebabkan oleh virus monkeypox. Penyakit ini termasuk infeksi zoonosis, yakni dapat menular dari hewan ke manusia.

Melansir laman Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes RI), cacar monyet merupakan penyakit endemik di Afrika Barat dan Tengah. Beberapa waktu lalu, WHO mengatakan bahwa wabah cacar monyet telah melanda negara-negara di Benua Amerika dan Eropa. Belum lama ini, kasus cacar monyet ditemukan di Indonesia.


Penularan cacar monyet dapat melalui kontak erat dengan hewan atau orang yang terinfeksi, Bunda. Selain dari cairan tubuh, virus ini juga dapat menular dari droplet pernapasan.

Seseorang yang terkena cacar monyet masih bisa tertular virus lain, termasuk COVID-19. Baru-baru ini, seorang pria asal Italia bahkan terkena COVID-19, cacar monyet, dan HIV secara bersamaan lho.

Riwayat perjalanan pasien

Pria 36 tahun ini awalnya sempat melakukan perjalanan ke Spanyol selama lima hari pada Juni lalu. Kemudian, sembilan hari setelah kembali, dia mengalami gejala yang dicurigai sebagai COVID-19, Bunda.

Pria ini lalu melakukan tes COVID-19 dan hasilnya positif. Ia mengalami gejala seperti demam, sakit tenggorokan, sakit kepala, kelelahan, dan pembesaran kelenjar getah bening dibarengi ruam pada lengan kirinya.

Nah, sehari setelah didiagnosis positif COVID-19, muncul lesi menyakitkan di bagian tubuh pria tersebut. Lesi ini muncul di sejumlah bagian tubuh, termasuk wajah dan perianal, hingga berkembang menjadi pustula.

Pria tersebut lalu memeriksakan diri ke UGD Rumah Sakit Universitas di Catania. Ia lalu dirujuk ke unit penyakit menular. Setelah menjalani pemeriksaan di rumah sakit, pria tersebut dinyatakan positif terkena cacar monyet.

Tak sampai di situ, dia juga didiagnosis terkena HIV. Bagaimana kisah lengkapnya?

TERUSKAN MEMBACA DI SINI.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

(ank/fia)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!