sign up SIGN UP search


trending

Nasib Pilu Lee Seung Gi, Disebut Tak Terima Honor Job Sebagai Penyanyi dari Agensi Selama 18 Thn

ANNISAAFANI   |   Haibunda Senin, 21 Nov 2022 21:25 WIB
Lee Seung Gi di Drama Korea The Law Cafe Nasib Pilu Lee Seung Gi, Disebut Tak Terima Honor Job Sebagai Penyanyi dari Agensi Selama 18 Thn/Foto: Dok. KBS
Jakarta -

Dunia hiburan Korea Selatan sedang ramai membahas soal aktor multitalenta Lee Seung Gi, Bunda. Di sana, sang artis diketahui tak mendapatkan royalti dari aktivitasnya sebagai seorang musisi.

Untuk diingat kembali, Lee Seung Gi telah bergabung dengan agensinya, Hook Entertainment sejak 2004. Artinya, ia telah tumbuh dan berkembang di agensi tersebut selama 18 tahun lamanya.

Sayangnya, ada dugaan pengkhianatan yang terjadi di antara kedua belah pihak. Sejak beberapa waktu yang lalu, Dispatch mengungkapkan agensi aktor sekaligus musisi terkenal ini telah menggelapkan uang yang ia peroleh dari hasil kerja kerasnya di dunia musik.


Mengutip dari media lokal Korea Selatan, selama ini Lee Seung Gi merasa bahwa dirinya merupakan musisi yang tidak sukses atau dikenal dengan istilah Musisi Minus. Sehingga, ia merasa wajar jika pendapatannya dari semua aktivitas di bidang tersebut sangat sedikit.

Akan tetapi, kecurigaan ini mulai mengintai sejak ia tak sengaja curhat dengan salah seorang seniornya. Dalam obrolan tersebut, bintang drakor Mouse ini menceritakan soal upah dari single yang dirilisnya.

Di sana, sang senior mengatakan bahwa honor yang Seung Gi peroleh amat kecil. Belum lagi, lagu-lagu miliknya pun sebetulnya mendapat banyak minat, salah satunya yang berjudul Because You're My Woman.

Mengutip dari berbagai sumber, berikut beberapa penemuan Dispatch yang mendalami kasus Lee Seun Gi:

Awal mula Lee Seung Gi sadar tak mendapatkan royalti dari musiknya

Lee Seung Gi baru menyadari tak mendapatkan royalti yang seharusnya setelah curhat dengan salah seorang seniornya, Bunda. Dalam obrolan tersebut, ia mengatakan baru mendapatkan beberapa persen dari hasil kerja kerasnya. Kira-kira seperti ini obrolan antara Lee Seung gi dengan seniornya.

Lee Seung Gi: Hyung. Saya kira saya menghasilkan uang dari penjualan (musik) digital juga. Bahkan setelah biaya produksi ₩200 juta KRW (sekitar $149.000 USD), saya menghasilkan ₩33,6 juta KRW (sekitar $25.100 USD).

Senior: Apa yang kamu bicarakan (tak percaya dengan pengakuan Lee Seung Gi saat menyebutkan nominal yang diperoleh? Kamu pikir berapa royalti yang saya dapatkan? Seharusnya kamu mendapatkan lebih banyak uang. Kamu belum dibayar?

Lee Seung Gi: Benar (belum dibayar). Saya selalu mendengar bahwa saya seorang penyanyi minus.

Senior: Apa syarat dan ketentuan kontrak mu dengan Hook? Kenapa kamu belum dibayar?

Catatan keuangan Lee Seung Gi ada yang hilang

Dispatch yang mendalami kasus ini kemudian menemukan catatan keuangan Lee Seung Gi yang hilang sejak Juni 2004 hingga Agustus 2009, Bunda. Dari data tersebut berisi catatan pendapatan dan pengeluaran lagu hits Lee Seung Gi yang berjudul Delete.

Sebagai informasi, album pertama hingga ketiga milik Seung Gi dirilis pada 2004-2007 ini diperkirakan terjual sedikitnya 100 ribu eksemplar. Melansir dari Dispatch, Lee Seung Gi tak menerima uang untuk lagu Because You Are My Woman, Return, Delete, Love Teaches Alcohol, hingga The Hard Words.

Dispatch juga menemukan pernyataan penyelesaian untuk setiap saluran distribusi musik. Sejak Oktober 2009 sampai September 2022, Lee Seung Gi berhasil memperoleh KRW9,6 miliar won dan tercatat sebagai penjualan musik di rekening bank HOOK Entertainment.

Diketahui, sepanjang karier bermusiknya, Lee Seung Gi telah merilis sebanyak 137 lagu, Bunda. Dengan banyaknya lagu-lagu tersebut, diprediksi Lee Seung Gi seharusnya mendapatkan keuntungan lebih dari Rp 115 miliar.

Baca selanjutnya di halaman berikutnya ya, Bunda. 

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen. 

Drama Korea Mouse ternyata bikin ibu hamil deg-degan, intip cuplikannya di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

KONTRAK LEE SEUNG GI DENGAN AGENSI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!