sign up SIGN UP search

trending

Penjelasan Lengkap soal Libur hingga Cuti Karyawan yang Saat Ini Berlaku

Tim HaiBunda   |   Haibunda Rabu, 04 Jan 2023 16:40 WIB
Ilustrasi pekerja Jepang caption
Jakarta -

Pemerintah baru saja menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 2 Tahun 2022 tentang Cipta Kerja, Bunda. Penerbitan tersebut menuai kehebohan di kalangan masyarakat, khususnya pekerja.

Banyak yang mengkritik soal aturan libur hingga cuti. Menanggapi respons tersebut, Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan Anwar Sanusi angkat suara.

Ia menegaskan bahwa ketentuan waktu istirahat atau libur bagi pekerja ini sebetulnya tidak ada perubahan. Ini masih dari peraturan yang sama dengan sebelumnya, tertera dalam Undang-undang Cipta Kerja.


"Pertanyaan atau pernyataan ini penting untuk diluruskan. Pertama, ketentuan waktu istirahat dan cuti yang diatur dalam Perppu 2/2022 tidak ada yang beda dengan yang telah diatur dalam UU 11/2020," kata Anwar, dikutip dari CNBC Indonesia.

Ia menjelaskan, kalimat Perppu yang menyatakan waktu istirahat mingguan itu hanya sebatas mengakomodasi fleksibilitas libur pekerja setelah jumlah hari kerjanya ditetapkan perusahaan. Tujuannya supaya memberi ruang kepastian hari libur dalam sepekan kerja.

"Ketentuan waktu libur tersebut disesuaikan dengan ketentuan mengenai waktu kerja yang dimungkinkan kurang dari lima hari atau enam hari dalam seminggu," tutur Anwar.

Dengan demikian, ia menekankan, jika dalam sepekan ada tujuh hari, dan pihak perusahaan menetapkan waktu kerja enam hari bagi karyawannya, maka waktu libur atau istirahatnya adalah satu hari. Jika waktu kerjanya ditetapkan lima hari maka waktu liburnya otomatis tetap menjadi dua hari.

"Begitu seterusnya, kalau terhadap pekerja diberlakukan hanya empat hari kerja, maka tentunya waktu istirahatnya menjadi tiga hari," ucap dia.

Dengan demikian, ketentuan mengenai waktu kerja dan waktu istirahat tersebut menurut Anwar dapat mengakomodasi kebutuhan dunia usaha dan dunia kerja saat ini dan ke depannya.

TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI. 


Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen. 

Simak juga 5 hal penting yang perlu disiapkan saat anak masuk hari pertama sekolah dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(AFN/som)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!