sign up SIGN UP search


Bulan 1

Bulan 2
fase-anak

Bayi Bunda Mulai Merespons Suara

Berat 4,2 - 4,5 kg
Tinggi 53,7 - 54,7 cm

Saat berusia 1 bulan, kebanyakan anak masih beradaptasi dengan lingkungan baru, namun kebanyakan sudah menunjukkan kemajuan, seperti:

Mulai merespons suara dan membuat gerakan kecil
Pendengaran si kecil sudah sama dengan orang dewasa sehingga jika mendengar suara keras, mereka akan meresposnnya dengan menangis atau kaget. Si kecil juga menjadi waspada ketika mendengar suara menyenangkan.

Sementara gerakan kecil yang ditunjukkan masih gerak refleks, seperti menggenggam jari atau benda apa pun yang mengenai telapak tangannya. Mereka juga mulai mengepalkan tangannya. Bahkan, kadang mengangkat tangan ke arah mata dan mulutnya.

Fokus mata sekitar 18-45 cm
Jarak pandang fokus matanya masih pendek. Mereka akan memandang objek yang ditaruh di depan wajahnya, apalagi jika objak itu berwarna terang. Si kecil juga akan mengikuti arah wajah orang yang mengajaknya bicara.

Menangis tanpa air mata dan mulai tersenyum
Menangis menjadi bentuk komunikasi si kecil. Mereka juga mulai tersenyum saat menerima kasih sayang Bunda dan Ayah.

Bisa membedakan orang tuanya
Si kecil sudah bisa membedakan antara ayah dan ibunya. Mereka bisa membedakan bau ibunya dan mengenali aroma ASI.



Bunda Jangan Lupa
  • Imunisasi Imunisasi BCG untuk melindungi dari penyakit tuberculosis.
  • Bawa Anak ke Dokter Jika anak matanya tampak juling, tidak merespons saat dipanggil atau diajak bicara, hanya menggerakkan satu bagian tubuh, tidak mengikuti objek yang bergerak dan demam di atas suhu 38,5 derajat celcius, dan kejang.
  • Jangan Beri Makanan Padat Makanan padat bisa membuatnya tersedak dan masalah pada perut karena sistem pencernaannya belum sempurna.

Bunda Baiknya
  • Memberikan ASI Eksklusif Bayi baru lahir hingga berusia 6 bulan cukup diberi ASI Eksklusif karena mengandung nutrisi yang dibutuhkannya.
  • Selektif Memilih Makanan Hindari makanan atau minuman yang bisa memengaruhi ASI dan memberi efek buruk ke bayi. Apalagi jika Bunda memiliki riwayat alergi.
  • Melakukan Aktivitas Bersama Aktivitas seperti bermain, memijat hingga mengajarkan tengkurap untuk tingkatkan bonding dan merangsang tumbuh kembangnya. Sementara supaya bayi tak terbangun di malam hari, usahakan banyak beraktivitas di siang hari.

Apa Bunda Merasakan
  • Payudara Sakit Payudara akan membesar dan sering merasa sakit atau nyeri dan puting menjadi sensitif. Selain payudara membesar, perut Bunda juga belum mengecil.
  • Kurang Tidur Bunda beberapa kali akan terbangun saat si kecil menangis minta menyusu, sehingga menyebabkan kurang tidur.
  • Anak Panas Setelah Imunisasi Panas adalah gejala normal setelah bayi imunisasi. Jika diikuti tanda lain seperti demam di atas 38,5 derajat celcius atau gejala lain, bawa ke dokter.

Tumbuh kembang anak bulan ke-1, masih berusaha beradaptasi di lingkungan baru dengan merespons suara dan membuat gerakan kecil seperti menggegam. Mereka juga akan merespons suara orang di sekitarnya.