sign up SIGN UP search


Bulan 1

Bulan 2

Bulan 3
fase-anak

Bayi Bunda Sudah Mengenali Wajah Orang Tua

Berat 5,1 - 5,6 kg
Tinggi 57,1 - 58,4 cm

Memasuki usia 2 bulan, perkembangan buah hati meningkat dengan cepat lho, Bun. Beberapa perkembangannya, seperti:

Mengenali wajah orang tua
Si kecil mulai mengenali wajah orang tuanya dengan cukup baik, terutama ibunya yang menyusui. Mereka akan lebih banyak tersenyum dan ekspresif jika Bunda atau Ayah mengajaknya bicara.

Gerak refleks berkurang dan mampu mengontrol tubuhnya
Refleks baru lahir mulai hilang, tapi refleks mengisapnya makin kuat. Mereka juga makin sering mengepal, bahkan beberapa anak bisa memegang mainan dengan satu tangan, mengangkat kepala hingga 45 derajat saat tengkurap, dan menendang.

Mulai mengoceh dan tertawa
Si kecil mulai mengoceh (cooing), dengan mengeluarkan suara 'aaa...' atau 'ooo...'. Mereka juga akan tertawa ketika diajak bicara.

Fokus mata 60 cm
Si kecil mungkin sudah bisa melihat benda dan orang dari jarak hingga 60 cm. Mata mereka mengikuti gerakan ketika ada orang berjalan di dekatnya, dan fokus pada objek berwarna cerah di hadapannya.



Bunda Jangan Lupa
  • Imunisasi Imunisasi Hepatitis B dosis pertama, DPT dosis pertama, Hib dosis pertama, Polio 1, Rotavirus dosis pertama, dan PCV dosis pertama.
  • Bawa Bayi ke Dokter Jika si kecil tidak tersenyum, tidak bisa tenang, tidak makan dengan benar dan tubuh kaku atau lemah, tidak mengangkat kepalanya saat ditengkurapkan dan suhunya di atas 38,5 derajat celcius. Periksakan juga beratnya secara berkala dan laporkan setiap perubahan yang tidak biasa ke dokter.
  • Jangan Beri Makanan Padat dan Air Pada usia ini, si kecil jangan dulu diberi makanan padat dan air karena pencernaannya belum sempurna.

Bunda Baiknya
  • Beri ASI Eksklusif ASI masih menjadi satu-satunya asupan yang boleh dikonsumsi bayi. Setelah menyusui, bantu anak untuk sendawa supaya tidak kembung.
  • Perhatikan Pola Makan dan Cek Kondisi Tubuh Perhatikan pola makan dan asupan makanan bergizi supaya kesehatan Bunda tidak terganggu karena makin sibuk mengurus si kecil. Bunda juga perlu mengecek luka pasca operasi caesar atau pemeriksaan vagina dan serviks pasca persalinan apakah sudah pulih.
  • Stimulasi Anak Untuk menguatkan leher dan tubuh bagian atas, latih si kecil untuk tummy time 1-5 menit. Selain itu, banyak tersenyum ke bayi karena mereka sudah mengenali orang tuanya. Ajak bermain dengan beragam objek dengan desain, warna, dan bentuk berbeda.

Apa Bunda Merasakan
  • Bunda Alami Mastitis Mastitis adalah peradangan pada jaringan payudara, yang bisa membuat payudara nyeri, bengkak, dan kemerahan. Bunda bisa memijat payudara atau minta bantuan konselor laktasi.
  • Bayi Rewel Setelah Imunisasi Rewel merupakan hal biasa dan itu merupakan salah satu efek samping imunisasi. Susui si kecil lebih lama untuk menghilangkan rasa sakitnya.

Tumbuh kembang anak bulan ke-2, mulai mengenali wajah orang tuanya terutama sang Bunda ketika disusui. Lebih banyak tersenyum dan ekspresif ektika Bunda atau Ayah berbicara. Bayi mulai bisa mengangkat kepala hingga 45 derajat saat tengkurap.