sign up SIGN UP search


Bulan 22

Bulan 23

Bulan 24
fase-anak

Anak Bunda Mulai Belajar Menyanyi

Berat 11,3 - 12 kg
Tinggi 85,5 - 86,9 cm

Kemampuan motorik si kecil semakin meningkat pada usia 23 bulan, begitu juga kemampuan bicaranya. Keterampilan lain yang dikuasainya, yakni:

Belajar bernyanyi
Keterampilan bicara si kecil berkembang sepanjang waktu, dan mungkin dapat merangkai kalimat tiga kata, seperti, burung terbang tinggi. Dia juga bisa mengatakan apa yang diinginkannya dan menyebut namanya.

Seiring itu, Bunda mungkin akan mendengar si kecil bernyanyi dan bersenandung sambil menggerakan tubuh atau tangannya.

Mengekspresikan perasaan lebih jelas
Si kecil mengekspresikan perasaannya lebih jelas di usia ini. Normal bagi si kecil jika mengalami kehilangan kendali atas emosinya, terutama ketika lelah atau lapar. Jadi, jaga agar mereka cukup istirahat dan makan. Ketika kemarahannya muncul, cobalah Bunda untuk tetap tenang dan jangan terpancing emosi.

Kemampuan lain
Daya ingat si kecil berkembang, suka mengulang perkataan atau perbuatan orang tuanya, senang berada di sekitar teman-temannya, haus perhatian dan akan menarik perhatian dengan polahnya. Mereka juga suka berjalan jinjit, dan belajar memakai baju sendiri.



Bunda Jangan Lupa
  • Imunisasi Imunisasi influenza, yang diulang setiap satu tahun sekali.
  • Penuhi Asupan Anak Anak membutuhkan makan 3-4 kali dan camilan 1-2 kali sehari. Pastikan makanan yang diberikan sehat dan memenuhi kebutuhan nutrisinya.
  • Bawa ke Dokter Jika ada perubahan pada perilaku anak secara mendadak, serta perubahan pada kebiasaan tidur dan makan atau masalah dalam perkembangannya.

Bunda Baiknya
  • Buat Jadwal Tidur Patuhi jadwal supaya anak tidur cukup dan tidak terbangun di malam hari. Kadang anak yang kurang tidur atau tidak tidur siang akan tantrum.
  • Jaga Kebersihan Anak Di usia ini anak mulai gemar bermain, sehingga semakin berisiko terkena infeksi menular. Pastikan Bunda menjaga kebersihan dan kesehatan si kecil ya.
  • Ajari Anak Lagu-lagu Simpel Ajari anak lagu-lagu anak yang liriknya pendek karena mereka sudah mulai menyanyi dan menari saat mendengar musik atau nyanyian. Selain itu, belikan baju yang simpel karena anak mulai belajar memakai baju sendiri.

Apa Bunda Merasakan
  • Sulit Membuat Anak Diam Saat Makan Bunda mungkin harus lebih ekstra membujuk anak untuk duduk saat makan. Pastikan makanan ada di hadapannya sebelum menyuruhnya duduk karena toleransi anak untuk diam di satu tempat sangat singkat.
  • Anak Sering Bangun Di Malam Hari Umum bagi anak-anak bangun tengah malam. Cari penyebabnya dan ajari dia untuk menenangkan diri agar kembali tidur.

Tumbuh kembang anak bulan ke-23, kemampuan motoriknya semakin meningkat. Keterampilan bicaranya meningkat menjadi tiga kata. Ia juga mulai mengekspresikan emosinya dengan lebih jelas, membuat mereka jadi lebih sering menangis.