sign up SIGN UP search


Bulan 21

Bulan 22

Bulan 23
fase-anak

Anak Bunda Mengerti Lebih Banyak Kata

Berat 11,1 - 11,8 kg
Tinggi 84,6 - 86 cm

Saat berusia 22 bulan, mungkin sebagian anak, giginya sudah tumbuh lengkap. Sementara keterampilan baru atau yang makin dikuasai, seperti:

Mengerti banyak kata
Anak semakin mengerti banyak kata, namun tidak sebanyak yang mampu mereka ucapkan. Si kecil bicara dalam kalimat sederhana dan bisa menggabungkan dua kata dan kata yang diucapkan mungkin hanya 20.

Si kecil bisa memahami sebagian apa yang Bunda katakan tapi pemahamannya tentang poin-poin penting masih rendah. Mereka memahami kata benda jauh lebih cepat daripada memahami kata kerja. Itu karena kata benda bersifat konkret, sedangkan kata kerja terus berubah.

Berdiri dengan satu kaki
Si kecil suka berlari, melompat dan melempar serta bisa menendang bola dan berjalan mundur. Selain itu, mereka mungkin sudah bisa berdiri seimbang dengan satu kaki sambil memegang kursi atau dinding.

Kemampuan lain
Si kecil mulai menyanyi lagu bersama, suka menyentuh apa saja, membuang dan melempar sesuatu. Mereka juga makin memahami instruksi.



Bunda Jangan Lupa
  • Konsultasi ke Dokter Jika anak tidak menguasai beberapa keterampilan termasuk mengucapkan kata-kata simpel. Selain itu, kalau menunjukkan tanda alergi seperti batuk, tersedak atau ruam kulit.
  • Jauhkan Benda atau Sesuatu Berbahaya Anak sangat aktif bergerak, rasa ingin tahunya tinggi dan belum menyadari tentang bahaya secara jelas. Selain itu, awasi anak karena mereka suka berlari, melompat, dan melempar.

Bunda Baiknya
  • Sering Ajak Anak Berkomunikasi Ini supaya perbendaharaan kata yang dimiliki anak semakin banyak dan kemampuan berbicaranya lebih baik. Selain itu, ajarkan anak instruksi yang lebih rumit.
  • Sering Bawa Anak Bermain di Luar Ajak anak main di luar rumah lebih sering sehingga dia bisa melepaskan keinginannya untuk berlari dan bereksperimen dengan otot dan otaknya serta ajari permainan yang rumit seperti menyusun puzzle. Selain itu, ajak anak berinteraksi dengan teman sebaya untuk membantu memahami pentingnya bersosialisasi pada tahap dasar.
  • Atur Jam Tidur Anak Atur jam tidur dan makannya teratur supaya anak berkembang dengan baik dan tidak rewel. Selain itu, biasakan anak menyikat gigi dua kali sehari pada pagi dan malam hari setelah makan.

Apa Bunda Merasakan
  • Rumah Selalu Berantakan Di usia ini anak sulit untuk berdiam diri dan dia senang bermain dengan segala mainannya.
  • Anak Menolak Makan Mungkin anak bosan atau giginya sakit tapi belum bisa mengatakannya. Jangan paksa anak menghabiskan makanan, coba ganti menu makan dan periksa giginya. Jika gigi bermasalah, anak biasanya rewel, ngiler, tidurnya terganggu hingga demam.

Tumbuh kembang anak bulan ke-22, kemampuan bahasanya semakin bagus dengan bisa mengucap sekitar 20 kata. Ia makin bisa memahami instruksi sederhana, meski pemahaman poin-poin penting masih rendah.