sign up SIGN UP search


Bulan 24

Bulan 25

Bulan 26
fase-anak

Anak Bunda Mulai Merespons Humor

Berat 12,2 - 12,8 kg
Tinggi 86,3 - 87,6 cm

Memasuki awal tahun ketiga kehidupannya, beberapa anak sudah lancar bicara dan ingin melakukan semuanya sendiri. Selain itu, keterampilan lain yang dimiliki anak usia 25 bulan, yakni:

Merespons humor
Si kecil mulai memahami dan merespons humor jauh lebih baik dari sebelumnya. Karena itu, Bunda mungkin akan mendengar si kecil tertawa lepas.

Memegang kendali
Si kecil mulai suka memegang kendali. Jadi, biarkan mereka membuat keputusan kecil, seperti baju yang akan dikenakan. Si kecil juga akan mengembangkan ikatan khusus dengan furnitur, mainan, atau pakaian favoritnya.

Menjadi agresif
Si kecil mungkin menjadi agresif karena tidak menyelesaikan permainannya. Ini karena dia belum mengembangkan empati dan pemahaman tentang kebutuhan atau perasaan orang lain.

Dalam situasi ini, Bunda tetap tenang. Meskipun mungkin sulit, berusahalah untuk tidak bereaksi berlebihan saat si kecil menjadi agresif. Jika reaksi BUnda terlalu besar dan dramatis, si kecil bisa lebih keras karena itu adalah strateginya untuk mendapatkan banyak perhatian.



Bunda Jangan Lupa
  • Imunisasi Imunisasi tifoid bisa diberikan pada anak usia 24 bulan ke atas dan bisa diulangi setiap tiga tahun.
  • Konsultasi ke Dokter Jika anak mengalami keterlambatan atau gangguan perkembangan serta kehilangan kemampuannya yang telah dikuasai. Begitu juga jika anak mengalami alergi susu formula yang parah atau intoleransi laktosa pasca disapih.
  • Awasi Anak Pada usia ini, anak semakin ingin bereksplorasi, maka awasi apa yang dimainkannya dan ke mana dia pergi.

Bunda Baiknya
  • Ajak Anak Main di Alam Kenalkan anak pada binatang-binatang kecil. Ajari mereka untuk bersikap lembut dan selalu mengembalikan makhluk-makhluk ini ke tempat mereka menemukannya supaya anak menghormati bentuk kehidupan lain.
  • Libatkan Kakak Jika Bunda memiliki anak yang lebih besar, dorong mereka untuk melibatkan adiknya dalam permainan. Merasa menjadi bagian dari suatu kelompok penting bagi anak-anak di masa tumbuh kembangnya.
  • Biasakan Anak Tidur Tanpa Buaian Mulai membiasakan anak tidur secara mandiri bisa menjadi transisi yang sulit. Namun jika Bunda ingin anak secara konsisten keluar dari buaian, inilah saatnya.

Apa Bunda Merasakan
  • Makan Anak Lambat Beberapa anak di usia ini menunjukkan kemunduran dalam hal makan, seperti makan dengan tempo lambat. Hal terbaik yang bisa Bunda lakukan adalah bersabar.
  • Anak Sedikit Membangkang Pada usia ini banyak sekali perilaku menantang yang ditunjukkan anak. Untuk mengatasinya, Bunda bisa memberikan batasan dan konsekuensi tegas terhadap perilakunya, dan beri perhatian positif saat anak mulai patuh.
  • Bunda Jenuh dan Lelah Rencanakan aktivitas sekecil apa pun untuk mengakhiri hari Bunda. Penting bagi Bunda untuk memiliki kesempatan terlibat dan berkomunikasi dengan orang dewasa lainnya.

Tumbuh kembang anak bulan ke-25, sudah lancar bicara dan ingin melakukan semuaya sendiri. Si Kecil juga mulai membuat keputusan sendiri. Ia akan mengembangkan ingatan tentang mainan dan pakaian favoritnya.