sign up SIGN UP search


Bulan 25

Bulan 26

Bulan 27
fase-anak

Anak Bunda Aktif Bicara dan Bergerak

Berat 12,4 - 13 kg
Tinggi 87,1 - 88,3 cm

Pada usia 26 bulan, mungkin si kecil sudah mengenali orang lewat namanya maupun benda dari bentuk dan warna. Kemampuan atau tahapan lain yang dilalui si kecil di usia ini, yakni:

Aktif berbicara dan bergerak
Si kecil sudah bisa mengikuti instruksi dan dapat meniru tindakan dan kata-kata karena sudah aktif bicara dan bergerak. Mereka punya lebih dari 50 kosa kata dan bisa mengucapkan kalimat pendek. Namun perlu diingat bahwa perkembangan bicara dapat sangat bervariasi dari satu anak ke anak lainnya.

Selain itu, keterampilan komunikasi anak pun semakin meningkat. Si kecil makin sering bertanya karena ingin tahu tentang dunia dan ingin memahami hal-hal yang dilihat, didengar, dan dilakukannya. Jadi, pastikan Bunda menanggapi pertanyaan si kecil. Mengabaikan pertanyaan yang diajukannya dapat melumpuhkan keingintahuan dan keinginan si kecil akan pengetahuan.

Tumbuh gigi geraham kedua
Si kecil mungkin mulai mengalami tumbuh gigi geraham kedua, yang juga dikenal sebagai molar 2 tahun. Gigi ini cenderung tumbuh di usia antara 20 hingga 33 bulan, yang bisa menjadi proses menyakitkan. Tapi saat si kecil bisa mengatasi ketidaknyamanan ini, Bunda akan selesai dengan masalah tumbuh gigi.

Kemampuan lain
Si kecil mulai memahami konsep waktu, mengenal rasa memiliki tapi tidak ingin berbagi mainan dengan yang lain. Selain itu, si kecil bisa menendang bola dan melempar bola tanpa terjatuh.



Bunda Jangan Lupa
  • Kunjungi Dokter Jika ada masalah perkembangan atau kemampuan anak yang telah dikuasainya menghilang. Selain itu, jika anak belum bisa bicara maka harus dievaluasi karena mungkin ada masalah pendengaran atau memerlukan terapi wicara.
  • Atur Waktu Bermain Anak kadang terlalu konsentrasi saat bermain sehingga dia mungkin tidak ingin istirahat untuk makan. Jadi, berikan peringatan untuk istirahat sebentar, kemudian melanjutkan transisi kegiatan lainnya.
  • Jauhkan dari Benda Berbahaya Jauhkan benda-benda tajam atau berbahaya dari jangkauan anak-anak.

Bunda Baiknya
  • Mulai Biasakan Anak Lepas Popok Jika anak sudah diajarkan toilet training, maka Bunda mesti mempertimbangkan untuk membiarkan anak tanpa popok. Sekalipun nanti dia mengompol, itu bukan masalah di usia ini.
  • Biarkan Anak Makan Sendiri Bunda tidak perlu susah payah menyuapi anak karena sekarang mereka sangat mampu melakukannya sendiri. Jadi percayakan padanya untuk melahap makanan, dan biarkan mereka belajar kapan saat lapar dan kenyang.
  • Sering Ajak Anak Bicara Karena anak sudah aktif bicara, ajak untuk sering berbicara mengenai hal yang menarik perhatiannya. Selain itu, salurkan tenaganya untuk bermain yang bisa menstimulasi perkembangannya.

Apa Bunda Merasakan
  • Beri Tahu Jika Tindakan Anak Buruk Umum pada anak usia ini menggigit, memukul atau menyakiti orang lain. Namun saat anak menggigit atau memukul, beri tahu bahwa itu adalah perilaku yang tidak dapat diterima.
  • Anak Sering Bertanya Anak Bunda mungkin mengajukan banyak pertanyaan. Jawab dengan sederhana dan singkat. Tidak apa-apa kalau Bunda mengatakan tidak tahu tapi nanti akan mencari tahu.
  • Bunda Merasa Kesal Bunda mungkin kesal melihat tingkah anak yang sulit dipahami atau dinasihati karena masih cukup egois dengan dunianya. Tidak apa-apa menunjukkan emosi pada batita supaya mereka memahami bahwa memiliki berbagai macam emosi itu normal.

Tumbuh kembang anak bulan ke-26, bisa mengenali orang lewat namanya, mengingat benda dari bentuk dan warnanya. Kemampuan bahasanya meningkat menjadi lebih dari 50 kata dan tumbuh gigi geraham kedua.