sign up SIGN UP search


Bulan 31

Bulan 32

Bulan 33
fase-anak

Anak Bunda Mulai Bisa Berhitung

Berat 13,3 - 17,1 kg
Tinggi 91,7 - 100 cm

Pada usia 32 bulan atau 2 tahun 8 bulan, si kecil akan mengalami banyak perkembangan motorik dan kognitifnya, seperti:

Mulai berhitung
sebagian anak sudah mulai bisa berhitung dan mulai belajar alfabet atau huruf. Si kecil bisa membedakan warna dan bentuk. Bahkan, mereka dapat mencocokan bentuk dan warna.

Permainan perannya semakin berkembang
Selain mulai bisa bermain dengan anak seusianya, si kecil juga senang bermain dengan orang tua. Daya imajinasinya terus berkembang, sehingga permainan peran atau pura-puranya pun semakin berkembang.

Si kecil mungkin mengambil boneka dari satu set mainan dan mencampurnya dengan balok-balok bangunan miliknya. Kemudian, dia membawa bonekanya menuruni tangga yang terbuat dari balok untuk masuk ke mobil mainan.

Kemampuan menggambarnya meningkat
Sebagian anak tak lagi membuat coretan lingkaran di atas kertas. Mereka sudah bisa menggambar satu atau dua bentuk, yang mungkin akan membuat Bunda takjub.

Kemampuan lain
Si kecil bisa menendang bola ke depan, menggunakan toilet, mengenali suara berhari-hari. Ingatan anak usia ini pendek tapi lebih tajam dan kritis.



Bunda Jangan Lupa
  • Imunisasi Imunisasi Influenza Diberikan Setiap Satu Tahun Sekali.
  • Perhatikan Kandungan Nutrisi dan Gizi Anak Usia ini anak mulai mencoba makanan baru atau justru menjadi picky eater. Karena itu, perhatikan kandungan nutrisi dan gizinya supaya anak tetap sehat.
  • Konsultasi ke Dokter Jika anak mengalami keterlambatan perkembangan, di antaranya tidak mengenali atau membedakan warna, bicaranya tidak lancar atau belum bisa berlari. Begitu juga jika anak mengalami masalah kesehatan yang mengkhawatirkan, seperti sesak napas dan kejang.

Bunda Baiknya
  • Tingkatkan Kemampuan Berhitung Bunda bisa meningkatkan kemampuan anak berhitung dan mengenali alfabet menggunakan lagu, mainan atau visual.
  • Ajak Anak Menggambar Anak sudah tahu bentuk dan warna serta tertarik dengan pensil, sehingga mengajaknya menggambar bisa membantu mengembangkan kreativitasnya.
  • Dorong Empati dan Kerja Sama dengan Anak Lain Di usia ini, anak mulai tertarik berinteraksi dan berteman dengan teman sebayanya. Karena itu, dorong mereka melakukan kerja sama dan empati dengan anak ketika bermain.

Apa Bunda Merasakan
  • Anak Sering Menangis Menangis adalah cara anak mencari perhatian dan bentuk komunikasi. Bunda, bisa mendorongnya untuk mengungkapkan perasaannya dan berkomunikasi dengan lebih baik.
  • Anak Masih Mengompol Anak usia ini biasanya sudah dilatih toilet training. Karena itu, anak sebaiknya tidak minum banyak air atau buang air sebelum tidur.

Tumbuh kembang anak bulan ke-32, kemampuan motorik dan kognitif meningkat banyak. Selain senang bermain dengan temannya, ia juga bejar berhitung dan mengenali alfabet. Anak juga memulai toilet training.