sign up SIGN UP search


Bulan 30

Bulan 31

Bulan 32
fase-anak

Anak Bunda Bisa Bercerita

Berat 13,2 - 16,9 kg
Tinggi 90,9 - 99,2 cm

Saat si kecil memasuki usia 31 bulan atau 2 tahun 7 bulan, perkembangan fisikinya mulai melambat. Dia semakin ramping, namun gerakannya lebih cepat dan ada keterampilan baru yang dikuasainya, seperti:

Bisa bercerita
Kemampuan bicara si kecil semakin baik. Dia lebih bawel dan mungkin mengetahui 100-250 kata, serta menggunakan frasa 3-4 kata. Imajinasinya menjadi lebih aktif dan lebih kreatif, sehingga dia bisa bercerita atau berbohong karena sulit memilih antara fantasi dan kenyataan.

Kemampuan tangannya semakin baik
Si kecil bisa memindahkan objek yang lebih besar atau suka meletakkan benda-benda dalam wadah, bisa merangkai manik, menangkap bola, dan menuangkan air ke gelas. Mereka juga bisa melipat kertas menjadi dua, menggambar garis lurus atau lingkaran, memegang krayon, dan menggunting kertas.

Kemampuan lain
Rasa ingin tahu si kecil semakin tinggi. Mereka juga mulai memahami perbedaan antara berbagai hal serta mengenali berbagai bentuk dan senang membantu Bunda di rumah.



Bunda Jangan Lupa
  • Ke Dokter Jika anak mengalami masalah dalam tahapan tumbuh kembangnya, seperti tidak bisa melakukan kontak mata, kurang aktif berkomunikasi, serta masalah dalam berat dan tinggi badan serta kesehatan anak.
  • Pastikan Anak Cukup Tidur Anak usia ini butuh tidur 11-12 jam pada malam hari dan siang hari sekitar 1-3 jam. Cukup tidur akan membantu tumbuh kembangnya.
  • Beri Anak Makanan Sehat Pada usia ini mungkin anak picky eater. Karena itu, pelajari selera makan anak dan berikan makanan sehat.

Bunda Baiknya
  • Membaca Bersama Anak Cara ini untuk membantu anak menambah kosakatanya. Selain itu, ajak bermain peran untuk mengembangkan imajinasinya.
  • Awasi dan Bimbing Anak Bermain di taman untuk melatih kemampuan motoriknya. Biarkan dia berlarian dan memanjat pohon, namun jaga dan awasi anak. Selain itu, karena anak mulai mandiri, biarkan si kecil melakukan apapun sendiri tapi tetap bimbing dan awasi ya, Bun.

Apa Bunda Merasakan
  • Anak Malu-malu Sebagian anak akan malu-malu dengan orang lain pada usia ini. Karena itu, ajaklah anak berinteraksi dengan anak lain dan lakukan aktivitas dengan mereka.
  • Anak Suka Mencari Perhatian Anak suka mencari perhatian Bunda atau orang yang dekat dengannya. Dia akan berteriak atau marah jika tidak diperhatikan.

Tumbuh kembang anak bulan ke-31, fisiknya semakin ramping karena gerakannya jadi lebih cepat. Anak jadi lebih banyak bicara dengan kemampuan mengucap sekitar 250 kata. Suka meletakkan benda dalam wadah dan menangkap bola.