sign up SIGN UP search


Bulan 33

Bulan 34

Bulan 35
fase-anak

Anak Bunda Mulai Memahami Konsep Berbagi

Berat 13,7 - 17,6 kg
Tinggi 93 - 101,5 cm

Memasuki usia 34 bulan, si kecil sudah memiliki banyak kemampuan, mulai dari berlari, melompat, melempar hingga memakai baju sendiri. Sementara keterampilan berikutnya, yakni:

Pemahaman makin baik
Si kecil berperilaku makin baik karena lebih memahami dan mematuhi aturan. Pemahaman yang makin baik karena ingatannya berkembang dengan kecepatan tinggi. Dan mereka pun mulai memahami konsep berbagi, dengan teman atau orang lain.

Kemampuan bicara
Si kecil memiliki kosa kata hampir 550 kata, dan menggunakan kata-kata untuk mengekspresikan dirinya dibanding menyerang dengan memukul atau menendang.

Meski kata-kata yang dikuasainya makin banyak, bersiaplah anak mengeluarkan kata atau kalimat yang kurang menyenangkan ya, terutama ketika mereka kesal. Itu karena si kecil memproses emosi lebih cepat dari kata-kata dan sulit untuk memberi label pada emosi mereka.

Kemampuan lain
Si kecil akan melempar bola ke atas kepala, meniru perilaku orang dewasa dalam permainan, mengenali huruf tertentu dan lebih banyak objek.



Bunda Jangan Lupa
  • Konsultasi ke Dokter Jika ada masalah perkembangan dan kesehatan, seeperti diare atau demam. Selain itu, jika anak memiliki rasa takut berlebihan atau sering membenturkan kepalanya.
  • Buat Aturan Untuk Keselamatan Anak Anak makin aktif dan lincah. Karena itu, selain mengawasinya, Bunda juga harus menetapkan aturan serta batasan demi keselamatan anak.

Bunda Baiknya
  • Libatkan Anak Beraktivitas Libatkan anak dalam aktivitas sebanyak mungkin dari memasak hingga pekerjaan rumah untuk mengembangkan keterampilan sosialnya di lingkungan rumah.
  • Ajak Main Kreatif Ajak anak main permainan kreatif seperti playdough untuk membantu meningkatkan kreativitas dan imajinasinya.
  • Ajari Menggunakan Kata Sopan Karena kosakatanya makin banyak, ajari anak menggunakan kata sopan seperti maaf, tolong, terima kasih, dan permisi. Selain itu, Bunda bisa mulai mengajari kata dalam bahasa asing.

Apa Bunda Merasakan
  • Anak Membenturkan Kepala Ini dilakukan mungkin karena anak kesal atau stres. Berikan perhatian jika dia melakukannya dan jika terlalu sering, konsultasikan ke dokter karena tindakan membenturkan kepala terlalu sering kerap diasosiasikan dengan autisme.
  • Anak Mengalami 'Teror Malam' Ini adalah gangguan tidur yang mirip mimpi buruk tapi intensitasnya jauh lebih tinggi. Saat terjadi, jangan bangunkan anak karena akan membuatnya sulit tidur lagi. Buat anak tidak stres sebelum tidur dan pastikan anak cukup istirahat sebelum tidur.
  • Anak Bossy Bunda bisa mengajari si kecil untuk berbicara dengan ramah, mengatakan tolong dan tidak memerintah orang. Selain itu, tunjukkan pada si kecil Bunda dan Ayah juga tak bersikap bossy pada mereka.

Tumbuh kembang anak bulan ke-34, semakin pintar memakai baju sendiri. Ia juga sudah bisa mengekspresikan perasaannya dengan kata-kata, dibanding memukul dan menyerang. Kata-katanya pun menyenangkan dan cenderung meniru orang dewasa.