sign up SIGN UP search


Bulan 34

Bulan 35

Bulan 36
fase-anak

Anak Bunda Mulai Menunjukkan Empati

Berat 13,8 - 17,8 kg
Tinggi 93,7 - 102,3 cm

Anak di usia ini semakin mandiri dan berusaha melakukan apapun sendiri. Si kecil semakin lincah bergerak, berlarian dan kadang enggan digandeng orang tua. Keterampilan lain yang dimilikinya, seperti:

Menunjukkan empati
Si kecil mungkin sudah menunjukkan empati dan peduli dengan orang lain. Mungkin mereka akan mulai memberikan sesuatu atau menghibur temannya yang sedang menangis. Si kecil juga mulai mau bergantian bermain dengan temannya lho, Bun.

Semakin tertarik mempelajari huruf
Si kecil semakin tertarik mempelajari huruf dan angka. Mereka menguasai setidaknya 900 kata dan sudah bisa menggunakan dan tahu makna kata ganti, kata sifat, dan kata benda. Karena kemampuan verbal dan imajinasi meningkat, kadang si kecil akan berbohong.

Kemampuan lain
Si kecil masih suka meniru teman atau orang dewasa. Dan meski sudah memahami beberapa hal, namun si kecil belum memahami sepenuhnya mengenai konsep bahaya.



Bunda Jangan Lupa
  • Cek Perkembangan Anak Cek perkembangan dan kesehatan anak. Jika ada masalah, segera konsultasikan ke dokter.
  • Imunisasi Vaksin influenza diberikan dengan dosis tergantung usia anak. Pada usia 6-35 bulan cukup 0,25 mililiter (ml), namun jika diberikan pada usia 36 bulan atau lebih dosisnya 0,5 ml.
  • Makanan Sehat Lebih Beragam Bayi di usia 35 bulan makan tiga kali sehari ditambah dua kali camilan. Berikan bayi makanan sehat yang lebih beragam, seperti sayuran, buah-buahan, protein, dan produk susu.

Bunda Baiknya
  • Biarkan Anak Bermain Aktivitas Fisik Temani bayi melakukan aktivitas fisik di luar ruangan yang akan membantu tubuhnya lebih aktif dan sehat. Misalnya saja bermain sepeda, mengumpulkan bebatuan.
  • Ajari Pentingnya Kejujuran Anak usia ini sudah bisa berbohong. Ketimbang memarahinya, ajarkan si kecil tentang pentingnya kejujuran.

Apa Bunda Merasakan
  • Anak Lebih Dekat Pada Salah Satu Orang Tua Jangan terlalu dibawa ke hati jika si kecil mulai memilih siapa orang tua favoritnya. Apakah itu Ayah atau Ibu. Pada waktunya si kecil akan menyadari bahwa ia membutuhkan keduanya. Karena itu, jangan berusaha mengambil hati anak dengan memberinya mainan atau melonggarkan aturan di rumah.
  • Anak Tidak Suka Digandeng Jika anak kerap menolak Bunda gandeng, jangan dipaksa jika memang tidak apa-apa jika tidak menggandengnya. Asal Bunda tetap berada di dekatnya dan awasi anak.
  • Anak Punya Rutinitas Tidur Siang Si kecil mungkin sudah memiliki rutinitas tidur siang, namun sebagian lainnya mungkin tidak suka tidur siang dan lebih memilih bermain.

Tumbuh kembang anak bulan ke-35, suka melakukan apapun sendiri dan enggan digandeng orang tua. Sudah mulai berempati dan peduli dengan orang lain. Sehingga suka menghibur orang lain.