sign up SIGN UP search


Bulan 35

Bulan 36

fase-anak

Anak Bunda Rasa Penasarannya Semakin Tinggi

Berat 13,9 - 18 kg
Tinggi 94 - 103,1 cm

Hore, si kecil sudah 3 tahun, Bun. Keterampilan yang dikuasainya semakin banyak, seperti memanjat dan berlari dengan mudah, hingga naik dan turun tangga dengan satu kaki per langkah. Kemampuan lainnya, seperti:

Banyak bertanya
Rasa penasaran si kecil semakin tinggi terhadap segala sesuatu, sehingga dia mulai banyak bertanya segala hal. Misalnya saja kenapa langit berwarna biru. Jika Bunda tak tahu jawabannya, ajaklah si kecil ke perpustakaan dan baca bersama-sama.

Kemampuan bicara
Kata yang dikuasai si kecil semakin banyak, namun jangan khawatir jika salah mengucapkan kata karena pada dasarnya mereka masih belajar cara berbicara yang benar. Si kecil juga mulai memahami konsep benar dan salah.

Kemampuan lain
Kemampuan bergaul si kecil semakin meningkat dan mulai memahami konsep sahabat. Si kecil sudah menunjukkan dan memahami berbagai macam emosi serta empatinya semakin berkembang.



Bunda Jangan Lupa
  • Konsultasi ke Dokter Jika anak masih mengalami masalah perkembangan, di antaranya bicaranya tidak dimengerti dan tidak melakukan kontak mata saat bicara atau masalah lainnya.
  • Perhatikan Makan Anak Anak usia 3 tahun membutuhkan 3 kali makan utama dan satu kali camilan.Jangan berikan camilan sebelum makan utama ya Bunda dan pilih makanan sehat dan bergizi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak.

Bunda Baiknya
  • Siapkan Mainan Lebih Berwarna Ajari si kecil soal warna dengan memberinya mainan dengan berbagai warna. Bunda juga bisa mengajarkan anak mewarnai dengan krayon.
  • Biasakan Anak Cuci Tangan Biasakan anak cuci tangan setelah bermain di luar atau setelah menggunakan toilet. Interaksi sosialnya yang makin luas bisa membuatnya mudah terkena virus dan kuman, sehingga mencuci tangan membantunya meminimalisit terkena penyakit karena virus dan kuman.

Apa Bunda Merasakan
  • Cemas Membesarkan anak usia 1 hingga tiga tahun merupakan suatu tantangan. Adalah wajar jika Bunda merasa cemas dengan si kecil dan juga gaya parenting.
  • Anak Tidak Bisa Diam Jika anak tidak bisa diam, biarkan karena ini untuk melatih motorik kasarnya dalam mengembangkan keseimbangan dan kepercayaan dirinya menjadi lebih baik.

Tumbuh kembang anak bulan ke-36, rasa penasaran semakin tinggi terhadap sesuatu. kemampuan bergaulnya juga meningkat, sehingga memahami konsep sahabat. Saat yang tepat mengajaknya ke perpustakaan.