aktivitas

Di Usia Berapa Bayi Sudah Bisa Diajak Berenang?

Radian Nyi Sukmasari Minggu, 11 Jun 2017 - 12.21 WIB
Di Usia Berapa Bayi Sudah Bisa Diajak Berenang?/Foto: dok.HaiBunda Di Usia Berapa Bayi Sudah Bisa Diajak Berenang?/Foto: dok.HaiBunda
Jakarta - Byur! Wah, segar banget ya Bun kalau ngajak si kecil berenang. Apalagi, berenang bareng anak bisa jadi momen bonding antara Bunda sama anak nih. Eh, tapi untuk bayi sebenarnya di umur berapa ya mereka udah bisa diajak berenang?

Kalau teman saya dari anaknya umur 4 bulan udah mulai diajak ke baby spa untuk renang Bun. Waktu itu, dia tenang-tenang aja karena memang kan baby spa diperuntukkan untuk bayi ya. Tapi, pas umur 6 bulan si ayah iseng ngajak dia nyebur ke kolam renang umum air dingin. Kata teman saya, waktu itu anaknya nangis sih awalnya.

"Nangisnya cuma beberapa menit karena airnya dingin tapi abis gitu anakku biasa aja sih. Selanjutnya diajak renang dia nggak takut. Cuma masih bingung aja gerakin badan sama kaki," kata teman saya ini.

Beda lagi sama teman kantor saya, ayah satu anak itu cerita kalau dia baru ngajak anaknya berenang di kolam renang umum pas umur 1,5 tahun. Tapi, sebelumnya si anak udah pernah diajak berenang di salon bayi, terus di kolam renang plastik di rumah. Alasannya, karena mengenalkan kegiatan berenang menurut dia perlu dilakuin bertahap Bun.

"Terus yang namanya kolam renang umum kan kayaknya kurang higienis ya. Banyak orang juga yang pakai jadi takut aja kalau masih kecil gitu, bayi udah diajak berenang," kata teman kantor saya.

Dikutip dari Baby Center, di umur 6 minggu bayi sebenarnya udah bisa diikutkan ke kelas berenang nih Bun. Atau, kalau memang Bunda sama Ayah mau ngajak si kecil berenang sebelum usia 6 minggu, coba dulu ajak si kecil ke kolam renang air hangat dan kalau bisa khusus, kayak yang ada di baby spa atau kolam renang privat. Tapi, kalau si kecil mau diajak berenang di kolam renang air dingin, baiknya waktu dia umur 6 bulan ya Bun.

Untuk sesi berenang pertama anak, disaranin awalnya coba dulu deh Bun 10 menit, terus sudahi sesi berenang. Kalau lebih dari 30 menit baiknya jangan karena si kecil bisa kedinginan dan menggigil. Nah, kalau kata dokter spesialis anak dr William Sears, umumnya bayi itu punya rasa cinta yang alami ke air Bun alias udah senang air.

Lihat aja deh Bun, biasanya si kecil senang banget kan kalau pas dimandiin gitu. Kalau Bunda mau ngajak anak berenang, bisa waktu si kecil umur 1 atau 2 bulan nih Bun. Tapi baiknya kolam renangnya pakai air hangat ya Bun dan sifatnya privat. Misalkan, anak berenang di kolam renang plastik di rumah. dr Sears bilang penting banget buat Ayah dan Bunda mulai bikin anak nyaman sama air dan bisa bersenang-senang di air.

Contoh simpelnya, ajak anak main percikan, terus mainin mainannya di air. Tapi, mungkin berenang untuk bayi nggak mesti dilakukan di kolam renang ya Bun, terlebih kolam renang umum. Soalnya, ajak bayi berenang di bathup aja juga udah bisa jadi aktivitas berenang buat si kecil lho. Hanya saja, yang perlu Bunda perhatikan, tetap temani si kecil dan kalau perlu, pakaikan pelampung leher untuk bayi ya Bun.

Di Usia Berapa Bayi Sudah Bisa Diajak Berenang?Di Usia Berapa Bayi Sudah Bisa Diajak Berenang? / Foto: dok.HaiBunda


"Bunda juga bisa menaruh bayi di dada sambil berendam di bathup air hangat. Itu bisa melatih bayi merasa nyaman ketika dia berinteraksi dengan air," kata dr Sears, seperti dikutip HaiBunda dari Parents.

dr Sears mengingatkan, kalau Bunda mau ajak bayi main-main di bathup, baiknya nggak pakai sabun. Tapi, kalau mau ada suasana yang agak beda di mana bathup penuh gelembung-gelembung, Bunda boleh pakai sabun tapi jangan yang pedih di mata si kecil ya Bun.

Menurut dr Sears, berenang bisa jadi salah satu aktivitas fisik yang Bunda biasakan ke anak. Karena, dengan berenang, anak bakal nggerakkin seluruh badan termasuk ototnya Bun. Jadi, anak bisa makin bugar kan?

Yuk Bun ajak si kecil berenang. Tapi, tetap perhatikan apa anak lagi fit atau nggak waktu diajak berenang, terus perhatikan kebersihan kolam renangnya, juga tetap temani dia ya Bun. (rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi