sign up SIGN UP search


parenting

8 Manfaat Renang untuk Anak, Disiplin hingga Tingkatkan Kecerdasan

Melly Febrida Rabu, 18 Nov 2020 15:07 WIB
two asian little girls having fun to swim in swimming pool together caption

Jakarta - Anak-anak umumnya senang main air, apalagi kalau lihat kolam renang maunya langsung nyebur dan berenang. Untungnya, renang banyak manfaatnya buat anak-anak ya, Bunda. Jadi enggak perlu khawatir berlebihan kalau mereka suka berenang.

Dikutip Livestrong, mengajari anak berenang dan dan memberinya dorongan untuk berenang secara teratur dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi kesehatan dan keselamatannya.


Spesialis pediatirisian Vincent Iannelli, MD, mengatakan bahwa American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan anak belajar renang mulai usia 4 tahun atau lebih. 

“Mereka biasanya menganjurkan agar Anda tidak memulai pelajaran renang formal sampai anak-anak berusia minimal 4 tahun, usia di mana anak-anak dianggap siap secara perkembangan untuk pelajaran berenang,” jelas Ianelli dikutip Very Well Family.

Meski anak dianggap siap pada usia 4 tahun, bukan berarti AAP menentang program akuatik dan pelajaran berenang untuk balita dan anak prasekolah antara usia 1 hingga 4 tahun.  

Ianelli mengatakan, program akuatik bayi dan balita kini sangat populer. Ini adalah cara yang baik untuk mengajari anak-anak menikmati berada di dalam air dan mengajari anak-anak serta orang tua tentang cara aman di sekitar air.  

“Beberapa penelitian kecil telah menemukan bahwa beberapa keterampilan pencegahan tenggelam dapat dipelajari oleh anak-anak yang usianya masih muda ini,” ujar Ianelli.


Saat anak-anak yang berusia lebih kecil belajar berenang, terkadang memang suka deg-degan ya, Bunda. Apalagi kalau mereka terlihat seperti mau tenggelam karena belajar keseimbangan, rasanya ingin menyuruhnya keluar dari kolam renang.

Tapi ternyata, menurut ulasan KidsHealth.org, tenggelam adalah penyebab kematian kedua bagi orang-orang yang berusia antara 5 dan 24 tahun. Dengan mengajari anak berenang, ia tidak hanya akan menjadi perenang yang lebih kuat, tetapi juga mendapatkan pengalaman berharga di dalam air.  

Pada hari yang panas, berenang menjadi cara untuk tetap sejuk sekaligus mendorong aktivitas fisik dan sosial yang sehat.  Dan berenang menjadi latihan yang lebih efektif daripada beberapa aktivitas lainnya.

Nah, untuk lebih lengkapnya, simak manfaat renang di halaman selanjutnya ya. Klik next, yuk, Bunda!

Bunda, simak juga tips membujuk anak yang takut berenang dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

Chow Yun Fat dan istri
(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi