aktivitas

Ini Lho yang Bayi Lakukan Saat Dia Lahir

Asri Ediyati 09 Agu 2017
Yang dilakukan bayi saat lahir/ Foto: dok.HaiBunda Yang dilakukan bayi saat lahir/ Foto: dok.HaiBunda
Jakarta - Mendengar kabar anak dari kerabat atau teman sudah lahir, pasti senang ya. Nah, pernah nggak sih terbesit di pikiran Bunda, apa sih yang dilakukan bayi waktu dia lahir?

Menurut neonatolog di Rumah Sakit Anak Joe DiMaggio, Florida, Richard Auerbach MD, pada saat bayi mau lahir, dia akan mengatur cara agar badannya bisa keluar dari lubang yang diameternya cuma sebesar kue bagel (sebesar telapak tangan).

"Tapi, bayi bisa melakukannya karena saat itu tengkoraknya masih lentur. Untuk itu, kalau kita menyentuh kepala bayi yang baru lahir kayak lantai yang licin. Ditambah adanya ubun-ubun, maka bayi bisa membuka jalan agar dia bisa keluar," kata Auerbach, dikutip dari Parents.

Dirangkum HaiBunda, ini dia yang dilakukan bayi saat dia lahir. Apa aja ya?

Cara Bayi Bernapas

Persalinan bisa membuat perubahan mekanis dan psikologis pada bayi, sehingga dia siap untuk bernapas di udara ketika dilahirkan. Instruktur klinis obgyn di Brigham and Women's Hospital Boston, Sandy Falk MD mengatakan kalau bayi selama di dalam kandungan, nggak mengambil oksigen dari udara, melainkan lewat plasenta.

Akan tetapi, ketika bayi dilahirkan dan tali pusarnya terputus, plasenta berhenti bekerja dan paru-parulah yang menggantikan fungsi bernapas. Kita perlu tahu kalau waktu di dalam kandungan, paru-paru nggak dipakai untuk bernapas karena dipenuhi cairan yang dapat membantu proses perkembangan organ. Barulah di waktu persalinan, paru-paru bayi bersih dari cairan dan bisa terisi udara.

Yang Dapat Bayi Dengar dan Lihat

Sampai sekarang banyak dokter yang nggak terlalu tahu, apa yang bayi benar-benar lihat dan dengar ketika lahir. Tapi, sebelum dilahirkan kemampuan bayi untuk mendengar sudah terbentuk hampir sempurna. Contohnya, waktu berumur 9 bulan di kandungan, bayi bisa mendengar suara bunda lagi ngobrol atau nyanyi. Dengan begitu, dia kenal deh sama suara Bunda waktu lahir. Nah, hal itulah yang dipercaya bisa menjembatani ikatan bunda dan anak.

Pada awal kelahiran, penglihatan bayi masih kabur dan nggak bisa fokus dengan baik. Nah, menariknya nih Bun, ketika bayi baru lahir disodorkan ke wajah bundanya dengan jarak 20-25 cm, bayi punya kemampuan untuk mendeteksi ciri-ciri wajah bundanya.

Yang dilakukan bayi saat lahir/Yang dilakukan bayi saat lahir/ Foto: dok.HaiBunda


Bayi Juga Merasa Sakit

Menurut neonatolog di Mayo Clinic Rochester, Minnesota, Christopher E Colby MD, beberapa dokter menyatakan saat dilahirkan, bayi juga merasa sakit. Tapi, seberapa sakitnya? Itu masih jadi perdebatan. Kalau kata Auerbach, mungkin bayi merasakan sakit pas mencoba keluar dari lubang yang sempit dan tentunya sakit yang dirasakan bunda sama bayi sangat beda ya.

Cara Bayi Jaga Tubuhnya Agar Tetap Hangat

Bayangin deh Bun, dari suhu dalam kandungan yang hangat banget tiba-tiba suhu di sekitar turun karena kamar bersalinnya dingin? Duh, kasihan y ya si kecil. Eits, tapi tenang Bun, kan ada istilah termoregulasi di mana kelenjar tiroid dan otak bayi bisa mengatasi perbedaan suhu tersebut.

Saat lahir, hormon di kelenjar tiroid bayi sangat tinggi. Naiknya hormon tersebut dapat menghasilkan 'panas' dari jenis lemak yang disebut 'brown fat' yang dapat membantu bayi yang baru lahir mengatur suhu tubuhnya.

(rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi