aktivitas

Ide Weekend: 5 Film Kartun Keren yang Sarat Makna

Amelia Sewaka 11 Agu 2017
Ilustrasi nonton film anak untuk ide weekend/ Foto: thinkstock Ilustrasi nonton film anak untuk ide weekend/ Foto: thinkstock
Jakarta - Setelah sepekan sibuk dengan pekerjaan dan anak-anak juga sibuk dengan sekolahnya, di weekend ini perlu nih untuk melakukan quality time. Misalnya saja dengan menonton film (https://www.haibunda.com/aktivitas/d-3586847/ide-weekend-mager-di-rumah-sambil-nonton-3-film-seru-ini) di rumah bareng-bareng.

Tapi kita sebagai orang tua tentunya nggak bisa asal kasih film dong, ya kan, Bun? Selain membantu anak memilih film yang pas dengan usianya, kita juga perlu mendampingi aktivitas ini, nih.

Nah, di weekend kali ini kalau Bunda dan anak-anak ingin menonton film kartun di rumah, HaiBunda berikan referensi film kartun atau animasi yang bagus, nih. Nggak cuma sarat pesan bagi anak-anak, tapi juga bisa ditonton oleh kita yang sudah dewasa lho.

1. Inside Out

Film anak untuk ide weekendFilm anak untuk ide weekend /Foto: Istimewa


Film yang penuh dengan warna dari setiap karakternya ini sangat menarik ditonton lho. Mengisahkan tentang seorang anak bernama Riley Andersen dan lima aspek emosionalnya yang berada dalam pikiran Riley yaitu Joy, Sadness, Fear, Anger dan Disgust.

Cerita yang cukup sederhana namun sarat akan makna, yaitu tentang Riley yang kurang bisa beradaptasi dengan lingkungan barunya sehingga perlahan mulai mengubah semua perilakunya. Nah perilakunya tersebut telah 'diatur' oleh Joy dan teman-temannya yang terdapat dalam pikiran Riley.

Banyak pergulatan yang terjadi antara Joy dan teman-teman dalam mengatur emosi Riley. Akibatnya ia menjadi tidak stabil dan merasa kehidupannya berantakan semenjak mereka pindah, bahkan termasuk hubungannya dengan keluarganya.

Namun pada akhirnya semua membaik. Hubungan Riley dengan keluarga, teman bahkan dengan dirinya sendiri berakhir dengan baik. Hal ini memberi pesan betapa pentingnya emosi positif. Selain itu, oenting juga nih kita membantu si kecil untuk menghadapi emosi negatifnya.

2. Brave

Film anak untuk ide weekendFilm anak untuk ide weekend/ Foto: Istimewa


Film yang bercerita tentang Merida, seorang anak perempuan yang pemberani menentang sikap Ibunya bahwa seorang putri dan perempuan haruslah anggun dan menerima semua keputusan apa adanya.
Namun Merida tidaklah ingin seperti itu. Namun ia ingin mengubah masa depannya dengan tangannya sendiri dan mengubah aturan yang berlaku di lingkungannya.

Terjadilah pergulatan antara Merida dengan ibunya, bahkan hingga sang ibu berubah menjadi beruang akibat Merida sendiri. Merida memang tidak gentar dengan sikapnya namun ia memang merasa bersalah karena bertengkar dengan ibunya. Walaupun begitu di akhir film Merida meminta maaf dan ibunya pun kembali menjadi manusia.

Dari sini kita bisa mengajarkan si kecil Bun untuk berani bertanggung jawab atas sesuatu yang dilakukan. Punya prinsip dan menjadi diri sendiri itu baik tapi tak lantas kita jadi menutup telinga dari semua orang, termasuk orang tua kita.

3. The Boss Baby

Film anak untuk ide weekendFilm anak untuk ide weekend /Foto: Istimewa


Film yang diadaptasi dari buku yang berjudul sama karya Marla Frazee yang dirilis tahun 2010 ini memang punya cerita simpel. Kisahnya tentang persaingan kakak adik dalam memperebutkan kasih sayang kedua orang tuanya.

Dalam film ini, tokohnya adalah anak tunggal bernama Tim dan kedua orang tuanya. Namun kebahagiaan tersebut langsung sirna ketika kedua orang tua Tim mengadopsi adik laki-laki.

Karena hal ini, Tim merasa terancam karena merasa kasih sayang dan semua yang ia dapat akan pindah ke bayi yang akan datang ke rumahnya. Semenjak itu mulailah banyak 'peperangan' antara Tim dengan 'Baby Boss'.

Tapi jangan salah, berantem versi mereka lucu-lucu kok. Selain itu masih banyak lagi yang akan dialami Tim dan Baby Boss.

Cerita yang ringan, menyenangkan dan sarat pesan moral tentang kekeluargaan membuat film ini cocok ditonton sekeluarga.

4. Wreck it Ralph

Film anak untuk ide weekendFilm anak untuk ide weekend Foto: Istimewa


Karakter jahat yang tidak selamanya menjadi jahat. Film ini bercerita tentang Ralph, karakter video game yang merasa bosan dan tidak dihargai karena ia merupakan karakter penghancur (destroyer) di game tempatnya tinggal.

Ralph ingin mengubah nasibnya untuk menjadi baik dan mendapat penghargaan layaknya pahlawan. Namun ketika semuanya hampir berjalan lancar, tanpa ia sadari Ralph malah mencelakai diri dan teman-temannya.

Pesan moral dari film ini adalah untuk memaknai nilai pahlawan dan kesetiakawanan. Dengan gambar yang menyenangkan di mana gunung dan tanahnya terbuat dari gula-gula dan roti dijamin anak-anak pasti betah deh, Bun, nonton ini.

5. Big Hero 6

Film anak untuk ide weekendFilm anak untuk ide weekend/ Foto: Istimewa


Hiro Hamada, anak berusia 14 tahun yang sangat cerdas dan tergila-gila dengan teknologi. Film produksi Walt Disney yang disutradarai oleh Don Hall dan Chris Williams ini sarat akan cerita hidup sehari-hari lho.

Menceritakan bagaimana Hiro harus bangkit dari kesedihan karena ditinggalkan oleh sang kakak, Tadashi Hamada. Kesetiakawanan teman-teman sang kakak yang terus mendampingi Hiro di masa sulitnya dan Baymax tokoh robot yang menggemaskan mengajarkan kita untuk tidak menjadi orang yang pendendam.

Banyak banget pelajaran yang bisa diambil dari film ini. Misalnya bagaimana kita melihat suatu masalah dari sisi lain. Seru banget nih untuk ditonton saat akhir pekan.

Bunda punya referensi film kartun bagus lainnya? Share yuk di kolom komentar. (vit/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi