aktivitas

Tips Seru agar si Kecil Rajin Gosok Gigi

Asri Ediyati 01 Okt 2017
Tips seru agar si kecil rajin gosok gigi/ Foto: thinkstock Tips seru agar si kecil rajin gosok gigi/ Foto: thinkstock
Jakarta - Bisa dibilang cuma sebagian kecil anak-anak yang 'nurut' waktu disuruh menggosok gigi. Sedangkan sebagian anak-anak lainnya masih 'ogah-ogahan', saat ditanya kenapa malas, ada aja alasannya.

Nah, berikut ini sejumlah tips seru untuk si kecil agar rajin sikat gigi yang telah dirangkum HaiBunda dari berbagai sumber:

1. Pasta Gigi Berperisa

Percaya deh, kalau pasta gigi anak berperisa dan rasanya enak, maka anak akan rajin sikat gigi. Misalnya rasa permen karet atau rasa anggur. Yang jelas kita harus memperhatikan labelnya ya, Bun. Pastikan itu pasta gigi khusus untuk anak-anak.

2. Bentuk Sikat Gigi yang Lucu

Bentuk sikat gigi yang lucu dan bewarna-warni juga bisa membuat anak bersemangat untuk menyikat gigi. Misalnya anak kita cowok, belikan sikat gigi yang berbentuk atau berkarakter mobil-mobilan atau tokoh superhero di dalam film.

3. Coba Pakai Sikat Gigi elektrik

Sikat gigi elektrik yang bergerak-gerak sendiri bikin si kecil penasaran. Ketika mereka penasaran, beri dan minta anak untuk mencoba. Yang penting, kita harus awasi ya. Sikat gigi elektrik yang bergerak sendiri akan menimbulkan kesan yang 'seru' bagi anak ketika menyikat gigi.

Baca juga: Cara Mengecek Anak Sudah Gosok Gigi dengan Bersih atau Belum

Tips seru agar si kecil rajin gosok gigiTips seru agar si kecil rajin gosok gigi /Foto: thinkstock


4. Berikan 'Insentif' pada Anak

Insentif di sini maksudnya hadiah atau reward, Bun. Misalnya anak rajin sikat gigi selama 1 bulan penuh, kita bisa berikan hadiah berupa berenang bersama di akhir bulan.

5. Umpan dengan Video YouTube tentang Sikat Gigi

Zaman sekarang anak kecil mana yang nggak kenal YouTube. Nah, kita bisa akali mereka yang malas sikat gigi dengan dengan memperlihatkan video tentang pentingnya sikat gigi dan kerugiannya kalau malas sikat gigi. Setelah nonton, langsung praktikan, ya!

Baca juga: Ayah Ini Punya Cara Unik Agar Anaknya Mau Gosok Gigi

6. Simulasi dengan Aplikasi Sikat Gigi di Gadget

Yakin deh, kalau berurusan sama gadget, anak kita pasti jagonya. Ajak si kecil, bermain di aplikasi sikat gigi di gadget. Biasanya ada juga yang dilengkapi fitur jadwal sikat gigi.

7. Giliran Ayah yang Membujuknya

Kalau masih bandel juga, giliran ayah yang membujuknya. Sebagian besar anak lebih menurut ketika bersama ayahnya. Duh, kadang hal ini suka bikin ngiri sama suami, apa ya rahasianya? Hi-hi-hi.

Ayah yang mengajak anak sikat gigi juga harus menyikat gigi. Bilang ke ayah, sikat giginya harus sambil seru-seruan seperti di iklan, Bun. (aci/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi