kesehatan

Cara Mengecek Anak Sudah Gosok Gigi dengan Bersih atau Belum

Radian Nyi Sukmasari 07 Sep 2017
Ilustrasi anak gosok gigi/ Foto: thinkstock Ilustrasi anak gosok gigi/ Foto: thinkstock
Jakarta - Saat anak berusia batita (di bawah tiga tahun) biasanya kita udah mulai biasakan mereka menggosok gigi sendiri nih, Bun. Nah, mengecek apakah anak sudah bersih menyikat giginya, penting lho dilakukan.

"Untuk ngecek apa anak saya sikat giginya udah bersih, biasanya saya suruh buka mulut aja, terus saya lihat bersih apa nggak," ujar ibu tiga anak, Della. Hmm, Bunda melakukan cara yang sama kayak Della?

Kalau kata drg Andria Diarti SpKGA dari RS Premiere Jatinegara, ketika anak belajar sikat gigi sendiri, cara yang bisa kita lakukan untuk mengecek apakah anak sudah bersih menyikat giginya yaitu pakai kain, Bun. Ya, jadi kita gosokkan aja ujung kain ke gigi anak.

"Kita lihat, kalau masih ada putih-putih di kain yang menempel, itu tandanya anak belum bersih menyikat giginya. Nah, sembari kita gosok pakai kain, ibaratnya kan kita bersihin gigi anak juga ya. Kalau nggak pakai kain, pakai kassa juga boleh," kata drg Andria beberapa waktu lalu.

Baca juga: Camilan Bergizi Juga Jadi Kunci Kesehatan Gigi Anak

Usia berapa anak sebaiknya dibiasakan pakai sikat gigi, kata drg Andria sebetulnya itu tergantung dari kenyamanan orang tua. Kalau gigi anak udah mulai banyak, bisa tuh Bun kita mulai membiasakan anak menyikat gigi. Tapi, kalau gigi anak kebetulan baru dua yang tumbuh, menurut drg Andria pakai kassa akan jauh lebih gampang.

Nantinya, saat gigi depan anak sudah banyak dan gerahamnya udah mulai tumbuh, sikat gigi akan diperlukan dengan sendirinya kok. Cuma, sebagai orang tua kita tetap perlu memastikan gigi anak sudah bersih ya, Bun. drg Andria bilang, kapan anak pakai sikat gigi memang tergantung kenyamanan orang tua. Tapi, sejak kapan mulai membersihkan gigi dan mulut, itu dilakukan sejak bayi lahir, Bun.

"Alat yang digunakan bertahap. Mulai dari kassa yang dibasahi, terus sikat gigi yang terbuat dari karet, sampai akhirnya sikat gigi buat anak. Jangan lupa, sesuaikan juga sikat gigi dengan ukuran rongga mulut ya," tutur drg Andria.

Misalnya anak berpipi besar, sikat gigi yang kebesaran juga sulit menjangkau bagian belakang mulut anak. Atau, ketika anak belum bisa membuka mulut lebar-lebar, bisa aja kita perlukan sikat gigi yang lebih kecil dan panjang supaya dapat menjangkau bagian belakang gigi dan sela-sela gigi pastinya, Bun.

Baca juga: Cek Gigi Anak Nggak Harus Tunggu Tiap 6 Bulan Lho (rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi