aktivitas

Penting! Begini Agar Aman dan Nyaman Berkendara Bersama Bayi

Amelia Sewaka Senin, 09 Okt 2017 - 08.11 WIB
Ilustrasi aman berkendara bersama bayi/ Foto: Dok. Thinkstock Ilustrasi aman berkendara bersama bayi/ Foto: Dok. Thinkstock
Jakarta - Saat membawa bayi berkendara, meski menggunakan mobil sekalipun, harus diperhatikan sekali keamanan dan kenyamanannya. Karena kadang kefatalan bisa terjadi dari hal-hal yang kita anggap sepele.

Komunitas Safe Kids Indonesia yang ditemui pada acara Pekan Menggendong Sedunia 2017 yang digelar Indonesia Baby Wearers Jabodetabek, di Club Kembang, Kemang, Jakarta Selatan pada Minggu (8/10/2017), membagikan tips agar perjalanan bersama bayi aman dan nyaman. Yuk kita simak bersama, Bun.

Baca juga: Ajak Anak Mudik Naik Motor, Aman Nggak Sih?

1. Dalam Keadaan Kenyang


Pastikan bayi dalam keadaan kenyang sebelum kita memulai perjalanan. Kalau bayi belum mendapatkan makanan pendamping ASI, sebaiknya kita susui terlebih dahulu.

Sementara kalau sudah mendapat MPASI, kita beri makan anak terlebih dahulu. Ini untuk menghindari kita memberi makan anak di dalam mobil. Soalnya nih, Bun, kalau anak kita suapi di dalam mobil yang sedang berjalan, ada risiko tersedak.

2. Semua Senang dan Tenang

Kita juga harus memastikan nih, baik si kecil maupun pengemudinya dalam keadaan senang dan tenang. Jadi kalau kita atau suami dalam keadaan emosional yang nggak baik seperti marah, sedih atau badmood, baiknya nggak usah nyetir dulu, deh. Soalnya keadaan yang seperti ini bisa bikin kita nggak konsen saat nyetir. Akibatnya bisa fatal.

Termasuk juga si kecil. Dia juga harus senang. Kebayang dong kalau si kecil cranky, pastinya bisa bikin konsentrasi pengemudi buyar. Karena itu kita bisa bawa permainan favorit anak atau putar lagu yang disukai agar perjalanan menyenangkan.

Baca juga: 6 Hal Penting Agar Anak Tetap Aman Saat Berenang

3. Jangan Lupakan Car Seat

Duduk di car seat selama berada di dalam mobil bisa meminimalkan cedera pada anak bila terjadi kondisi tak diinginkan. Untuk itu penggunaan car seat yang tepat adalah penting karena menyangkut keamanan dan nyawa anak. Pemilihan dan pemasangan car seat yang kurang tepat akan menyebabkan car seat tidak dapat berfungsi dengan maksimal.

Pakar keselamatan penggunaan car seat, Alisa Baer, mengingatkan kepada orang tua untuk memperhatikan penggunaan car seat yang disesuaikan usia dan tinggi badan anak. Car seat juga harus digunakan sesuai instruksi termasuk menggunakan belt pada car seat.

Yang nggak kalah penting, yuk biasakan mengajak anak berdoa sebelum memulai perjalanan. Hati-hati di jalan!

(vit/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi