psikologi

Pesan Ayah Soal Putrinya Ini Jadi Viral, Gimana Menurut Bunda?

Radian Nyi Sukmasari 12 Sep 2017
Ayah dan anak perempuannya/ Foto: ist Ayah dan anak perempuannya/ Foto: ist
Jakarta - Semua orang tua pasti menginginkan yang terbaik untuk anaknya ya, Bun. Termasuk ayah yang satu ini, dia punya pesan terkait anak-anak perempuannya yang sudah masuk usia puber. Nah, pesan si ayah ini jadi viral, Bun.

Adalah ayah bernama J Warren Welch yang baru-baru ini mengunggah sebuah pesan soal anaknya. Memang, pesan itu nggak ditujukan langsung ke putrinya tapi untuk seorang pria yang mungkin akan menaruh hati pada putrinya. Apalagi, Warren juga punya anak yang usianya belasan dan seperti kita tahu, di usia itulah anak mulai memasuki masa puber.

Walau memang, keputusan membolehkan anak berpacaran atau nggak merupakan hak prerogatif orang tua yang tergantung pada nilai-nilai di keluarga. Dalam unggahan foto di laman Facebook-nya, Warren berpesan untuk para pria yang mungkin akan jatuh hati pada putrinya. Kata Warren, ada aturan untuk berkencan sama putrinya. Warren bilang, si pria akan bertanya ke putrinya apa peraturan mereka.

"Saya tidak membesarkan putri saya untuk jadi tipe wanita yang butuh ayahnya berlaku posesif supaya mereka diperlakukan dengan penuh hormat. Kamu akan menghormati mereka dan jika tidak, saya janji mereka tak akan butuh bantuan saya untuk mengembalikanmu. Good luck pumpkin," tulis Warren.

Sejak diunggah tanggal 4 September lalu, postingan Warren sudah dibagikan lebih dari 35 ribu kali dan mendapat 902 komentar. Kepada Today, Warren mengatakan kalau sebagai ayah, pastinya dia punya naluri untuk melindungi anaknya. Tapi, seorang ayah pasti bangga ketika putrinya bisa mandiri kan, Bun?

Baca juga: Hi hi hi! Foto Ayah dan Anak Ini Bikin Senyum-senyum Sendiri

"Saya tahu anak perempuan saya tidak memerlukan bantuan untuk membuat keputusan penting mengenai hubungan mereka. Gadis-gadis ini adalah pahlawanku," kata Warren kepada Today.

Pesan ayah untuk anak perempuannya/Pesan ayah untuk anak perempuannya/ Foto: Facebook Warren Welch


Saat ini, Warren memiliki 5 putri yang berusia 16, 14, 12, dan 7 tahun. Soal peran ayah dalam pengasuhan anak, terapis perkawinan dan keluarga Gary Brown, PhD bilang di masa-masa sekolah, umumnya peran ayah secara fisik, psikologi, dan sosial lebih penting untuk anak perempuannya.

Nah, masuk masa puber, kata Brown anak perempuan lebih membutuhkan ayahnya, terutama ketika mereka bersentuhan sama isu-isu sensitif kayak hubungan percintaan atau tipe laki-laki. Makanya, Brown menekankan untuk ayah agar selalu menjalin hubungan yang dekat dan hangat sama anak-anaknya, Bun.

"Anak perempuan yang punya hubungan hangat dengan ayahnya cenderung lebih mampu mengendalikan stres, tidak rentan depresi dan mengalami kecemasan, lalu lebih mampu mengutarakan perasaannya," kata Brown, dikutip dari Redbook.

Kalau menurut Bunda, gimana pesan yang disampaikan Warren soal putrinya tersebut? Yuk sampaikan pendapat Bunda di kolom komentar.

Baca juga: Kisah Viral Ayah dalam Menghadapi Anaknya yang Tantrum (rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi