aktivitas

5 Preschool Ini Biayanya Lebih dari Rp 500 Juta per Tahun

Asri Ediyati 09 Nov 2017
5 Preschool Ini Biayanya Lebih dari Rp 500 Juta per Tahun/ Foto: Facebook: riverdalecountryschool 5 Preschool Ini Biayanya Lebih dari Rp 500 Juta per Tahun/ Foto: Facebook: riverdalecountryschool
- Di era ini nggak heran banyak preschool yang biayanya setara dengan biaya masuk kuliah. Selain bangunan dan fasilitas yang bagus, kualitas dari sumber daya manusialah yang menjadi patokannya. Hal ini karena memasukkan anak di bawah usia sekolah diibaratkan dengan menanam benih di tanah yang subur.

Di tanah yang subur pasti banyak mengandung mikro dan makronutrien, sehingga membuat bibitnya berkembang dengan baik. Sama halnya dengan anak-anak, harus mendapat tempat yang baik agar berkembang jadi generasi yang hebat. Karena itu beberapa sekolah untuk anak pra sekolah mematok harga mahal karena mengklaim memiliki kurikulum dan fasilitas berkualitas.

Nah, berikut ini telah dirangkum oleh HaiBunda, lima preschool termahal di Amerika Serikat, yang biaya sekolah per tahunnya lebih dari Rp 500 juta.

1. Sidwell Friends
5 Preschool Ini Biayanya Lebih dari Rp 500 Juta per TahunSekolah Sidwell Friends/ Foto: Sidwell.Edu

Sekolah yang berada di Maryland ini, memakan biaya yang cukup fantastis, Bun. Biaya per tahun sekolah ini sebesar Rp 551 juta. Dengan biaya sebesar itu, anak sudah mendapatkan makan siang dan buku teks. Misi dari mantan sekolah Sascha dan Malia Obama ini adalah menyediakan kurikulum yang menantang secara akademis dengan fleksibilitas untuk memenuhi kebutuhan setiap siswa.

Misi lainnya adalah menanamkan kepercayaan diri pada setiap siswa sembari menuntut agar para anak mengenali kebutuhan orang lain. Suasana preschool-nya santai dan informal namun disiplin. Sidwell Friends juga memiliki fasilitas lima hektar lapangan atletik, area bermain, kebun, perpustakaan, laboratorium komputer ,dan pusat kesehatan.

2. British International School

5 Preschool Ini Biayanya Lebih dari Rp 500 Juta per TahunSi kecil bermain catur/Foto: British International School

Berdasarkan websitenya, biaya full day program preschoolnya mencapai Rp 615 juta per tahun. Dengan biaya tersebut, sekolah ini menjanjikan untuk mengintegrasikan pendidikan global. Sekolah yang terletak di New York ini, cocok bagi keluarga yang menginginkan anaknya mendapat pelajaran internasional.

Sekolah ini didukung oleh satu kurikulum dari Inggris. Anak-anak di preschool ini diajari bahasa Prancis, Latin, Spanyol dan Jerman. Sebagai bonusnya, ada pemandangan indah dari East River di depan sekolah ini. Ada kegiatan di luar akademis juga lho, Bun yakni balet, olahraga anggar, catur, Lego robotics, sepak bola, dan yoga.

3. Horace Mann School

5 Preschool Ini Biayanya Lebih dari Rp 500 Juta per TahunMerayakan Diwali di sekolah / Foto: Flickr/ Horace Mann School


Sekolah Horace Mann ini nggak cuma mengajari si kecil bagaimana menggunakan lem stik dengan benar, Bun, tapi banyak hal. Para anak preschool yang masuk ke sini dikenalkan teknologi dan permainan catur. Kecerdasan mereka akan diasah di sekolah ini. Gimana nggak Bun, masuk setengah hari (usia tiga tahun) selama satu tahun aja memakan biaya Rp 471 juta dan biaya full day-nya sebesar Rp 657 juta per tahun.

Keunggulan Horace Mann ini keberagaman muridnya, nggak cuma berasal dari AS saja. Lalu letaknya yang strategis dan dekat dengan Central Park, New York. Pendekatan yang dilakukan oleh guru ke anak juga dirancang dengan baik. Mereka ingin para siswa percaya diri untuk mengajukan pertanyaan dan menjelajahi dunia di sekitarnya.

4. Avenues: The World School

5 Preschool Ini Biayanya Lebih dari Rp 500 Juta per TahunKegiatan belajar mengajar di Avenues The World School /Foto: Facebook/ AvenuesTheWorldSchool

Dari semua preschool yang ada di New York, Avenues termasuk sekolah baru. Tapi, kalau masalah kurikulum bisa disandingkan dengan preschool bagus lainnya.

Anak akan diajari bahasa lainnya seperti Spanyol atau Mandarin. Biaya program preschool-nya dalam satu tahun sebesar Rp 667 juta, termasuk buku, aktivitas non-akademis, studi lapangan dan transportasi jika berkegiatan di luar. Kabarnya Suri Cruise, putri Tom Cruise dan Katie Holmes juga bersekolah di sini, lho.


5. Riverdale Country School
Membuat miniatur jembatanMembuat miniatur jembatan/ Foto: Facebook/ riverdalecountryschool

Dikenal sebagai preschool termahal pada tahun 2014, mungkin hingga sekarang. Biaya per tahunnya sebesar Rp 703 juta, Bun. Biayanya sudah termasuk buku, fasilitas teknologi, makanan dan semua aktivitas akademis atau non akademis.

Riverdale Country menawarkan pelajaran bahasa asing yang intensif. Program sekolah ini menekankan praktik dibandingkan teori. Para guru mengajarkan siswa-siswinya untuk menggunakan berbagai alat mulai dari iPad hingga palu untuk keterampilan. (aci/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi